PENGARUH METODE MENGAJAR GURU, MINAT BELAJAR SISWA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA TRISUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RORONIMAS ANNISA SHOLIHA , 1513031070 (2022) PENGARUH METODE MENGAJAR GURU, MINAT BELAJAR SISWA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA TRISUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru, minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Tri Sukses Natar Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 52 siswa. Pengambilan sempel dilakukan dengan rumus Taro Yamane dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa. Pengujian hipotesisi menggunakan uji regresi linear sederhana dan regresi linear multiple. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh metode mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Tri Sukses Natar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jika metode mengajar guru baik (disukai siswa) maka akan meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. (2) da pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Tri Sukses Natar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jika minat belajar siswa tinggi maka akan meningkat hasil belajar ekonomi siswa. (3) Ada pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil ekonomi pada siswa kelas XI SMA Tri Sukses Natar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jika disiplin belajar siswa baik (tertib) maka akan meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. (4) Ada pengaruh metode mengajar guru, minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Tri Sukses Natar Tahun Pelajaran 2018/2019 . Jika metode mengajar guru baik (disukai siswa), minat belajar tinggi serta disiplin belajar siswa juga baik (tertib) maka akan meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa. Kata Kunci : metode mengajar guru, minat belajar, disiplin belajar, hasil belajar. This study aimed to determine the effect of teachers' teaching methods, learning interest and learning discipline on the students’ learning outcomes. The method used was descriptive verification research. The population of this research was all students of class XI IPS SMA Tri Sukses Natar academic year 2018/2019 which consisted of 52 students. The sample of this research was 46 students which carried out using the Taro Yamane formula. Hypothesis testing used was simple linear regression test and multiple linear regression. The results showed: (1) There was an effect of teachers’ teaching methods on economic learning outcomes in class XI SMA Tri Sukses Natar academic year 2018/2019. When the teacher's teaching method is good (favored by students) it will improve the students’ economic learning outcomes. (2) and there was an the effect of students’ interest in learning on economics learning outcomes in class XI SMA Tri Sukses Natar academic year 2018/2019. If students' interest in learning is high, it will increase their economic learning outcomes. (3) There was an effect of students’ learning discipline on economic outcomes in class XI students of SMA Tri Sukses Natar academic year 2018/2019. If the students’ learning discipline is good (orderly) it will improve their economic learning outcomes. (4) There was an influence of teachers’ teaching methods, learning interest and learning discipline on economic learning outcomes in class XI students of SMA Tri Sukses Natar academic year 2018/2019. If the teacher's teaching method is good (favored by students), high interest in learning and students’ learning discipline is also good (orderly), it will improve the students’ learning outcomes in economics. Keywords: teacher teaching methods, interest in learning, learning discipline, learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2203736687 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2022 01:08
Terakhir diubah: 21 Jun 2022 01:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63310

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir