DIGITALISASI PRODUK DAN LAYANAN PERBANKAN (Komuniaksi Persuasif pada Frontliner BNI Tanjungkarang dalam Mendorong Penggunaan BNI Mobile Banking pada nasabah)

Cinthya Dewi Idrajat, 1826031009 (2022) DIGITALISASI PRODUK DAN LAYANAN PERBANKAN (Komuniaksi Persuasif pada Frontliner BNI Tanjungkarang dalam Mendorong Penggunaan BNI Mobile Banking pada nasabah). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (2518Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2442Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2518Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Di era Industri 4.0 perkembangan teknologi ke arah digital semakin pesat, salah satunya pada produk dan layanan perbankan yang sudah banyak beralih ke digital. Penelitian ini membahas tentang pemahaman proses komunikasi yang dilakukan frontliner ke nasabah terkait peralihan produk dan layanan konvensional ke digital dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) penyebab nasabah BNI Tanjungkarang memutuskan untuk tidak menggunakan BNI Mobile Banking, (2) proses terjadinya komunikasi yang dilakukan frontliner BNI Tanjungkarang ke nasabah agar mau menggunakan BNI Mobile Banking, (3) mengetahui tentang solusi agar nasabah mau menggunakan BNI Mobile Banking. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitiatif dengan metode studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasif dan ELM (Elaboration Likelihood Model). Kesimpulan: (1) nasabah BNI Tanjungkarang tidak mau menggunakan BNI Mobile Banking karena tidak adanya kemampuan penguasaan teknologi dan tidak adanya motivasi pada diri nasabah untuk bisa menggunakan BNI Mobile Banking. (2) frontliner melakukan komunikasi persuasif dengan memahami tujuan BNI Mobile Banking diciptakan untuk nasabah, lalu frontliner menentukan strategi untuk mengemas pesan persuasif berdasarkan identifikasi kategori nasabah; serta situasi dan kondisi pada saat itu. Setelah itu, barulah frontliner mengemas pesan persuasif dengan cara mengaitkan penawaran dan penjelasan mengenai BNI Mobile Banking pada pandemi Covid-19; brand ambassador BNI; frontliner personal experience dan reward. Tetapi jika nasabah masih menolak, maka forntliner akan tetap membujuk nasabah untuk mengaktifkan BNI Mobile Banking terlebih dahulu; mengedukasi ulang nasabah; mem-follow up dan meninggalkan nasabah kontak pribadi petugas frontliner. Cara berkomunikasi dalam membujuk nasabah menggunaan kalimat yang bermakna sopan atau halus agar nasabah merasa nyaman. (3) BNI Tanjungkarang harus memberikan pelayanan khusus pada nasabah dengan penguasaan teknologi yang rendah dan memiliki trust issue karena kejahatan siber; membuat video tutorial penggunaan BNI Mobile Banking; nasabah dengan penguasaan teknologi digital yang rendah, harus memiliki motivasi yang kuat yaitu belajar menggunakan BNI Mobile Banking. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif Frontliner; Kemungkinan Elaborasi; BNI Mobile Banking

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2203425587 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:33
Terakhir diubah: 27 Jun 2022 03:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63836

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir