PEMBELAJARAN DARING MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

Ahmad Husnan, 1513041037 (2022) PEMBELAJARAN DARING MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1956Kb)
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1957Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran daring teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dengan materi teks deskripsi menggunakan google meet. Setelah itu, penelitian ini untuk membantu pelaksanaan pembelajaran saat pandemi covid-19 dengan melibatkan peneliti dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu kegiatan pembelajaran daring menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung yang terfokus pada rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran (kegiatan guru dan kegiatan siswa) dan penilaian pembelajaran dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan dengan membaca RPP yang dibuat guru, menyesuaikan rencana pembelajaran dengan pelaksanaan dan penilaiannya, lalu menyimpulkan bagaimana pembelajaran daring menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran daring menulis teks deskripsi yang dilakukan 2 x pertemuan selama 1 minggu, guru telah melakukan tiga tahapan. Tahapan tersebut meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran namun tidak merumuskan indikator yang seharusnya terdapat di dalam RPP. Kemudian, pada pelaksanan pembelajaran terdapat dua aktivitas yang dilakukan, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas guru meliputi tiga tahapan kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Sedangkan, pada aktivitas siswa meliputi: 1) aktivitas mengamati, 2) aktivitas menanya, 3) aktivitas menalar, 4) aktivitas mencoba, dan 5) aktivitas mengomunikasikan. Selanjutnya, penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru mencangkup penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian kompetensi. Pada penilaian sikap, guru mengamati tingkah laku yang dilakukan oleh siswa selama pembelajaran berlangsung secara daring serta keseriusan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kemudian, pada penilaian pengetahuan, guru memberikan beberapa pertanyaan lisan kepada siswa terkait materi yang sudah dipelajari. Selanjutnya, penilaian keterampilan yang diberikan guru berkaitan dengan materi teks deskripsi menggunakan tes tertulis dan portofolio. Kata kunci: Pembelajaran daring, menulis, teks deskripsi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203959283 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:14
Terakhir diubah: 27 Jun 2022 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63888

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir