PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA AUDIO VISUAL TERHADAP LITERASI SAINS KELAS IV SEKOLAH DASAR

SHAFHIRA JHEA ANANDA , 1813053050 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA AUDIO VISUAL TERHADAP LITERASI SAINS KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Mb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya literasi sains peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning menggunakan alat peraga audio visual terhadap literasi sains peserta didik kelas IV SD Negeri 11 OKU Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling dan populasi sebanyak 99 peserta didik dengan sampel sebanyak 52 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Data analisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model problem based learning menggunakan alat peraga audio visual terhadap literasi sains kelas IV SD Negeri 11 OKU Sumatera Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : alat peraga, literasi sains, problem based learning. The problem in this study is the low scientific literacy of students in elementary schools. This study aims to determine the effect of the problem based learning using audio visual aids on the scientific literacy of fourth grade students at SD Negeri 11 OKU, South Sumatra. The method used in this research is a quasi experimental design with a nonequivalent control group design. This study uses a non-probability sampling technique with a purposive sampling technique and a population of 99 students with a sample of 52 students. The instruments used in this study were test and non-test. Data analysis using simple linear regression test. The results showed that there was an effect of the problem based learning using audio visual aids on the fourth grade scientific literacy of SD Negeri 11 OKU South Sumatra in the 2021/2022 academic year. Keyword : problem based learning, teaching aids, scientific literacy.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203831282 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2022 00:45
Terakhir diubah: 26 Jul 2022 00:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64219

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir