ANALISIS METODE FUZZY C-MEANS (FCM) DAN FUZZY GUSTAFSON-KESSEL (FGK) PADA PENGELOMPOKAN KABUPATEN DI PULAU JAWA BERDASARKAN INDIKATOR KESEJAHTERAAN

RATU RISHA ULFIA, 1817031020 (2022) ANALISIS METODE FUZZY C-MEANS (FCM) DAN FUZZY GUSTAFSON-KESSEL (FGK) PADA PENGELOMPOKAN KABUPATEN DI PULAU JAWA BERDASARKAN INDIKATOR KESEJAHTERAAN. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (315Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2275Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1816Kb) | Preview

Abstrak

Masalah utama yang sedang dihadapi pemerintah di Pulau Jawa adalah ketimpangan sosial dan ekonomi yang disebabkan oleh program pembangunan pemerintah yang tidak terlaksana secara merata keseluruh kabupaten. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan klasterisasi dan menetukan klaster optimal pada kabupaten di Pulau Jawa berdasarkan indikator kesejahteraan dengan menggunakan algoritma fuzzy clustering, yaitu Fuzzy C-Means (FCM) dan Fuzzy Gustafson-Kessel (FGK) dengan menggunakan software RStudio. Adapun analisis klaster adalah suatu alat untuk mengelompokan sejumlah objek berdasarkan variabel yang mempunyai kesamaan karakteristik diantara objekobjek tersebut, sehingga keragaman dalam suatu klaster tersebut lebih kecil dibandingkan dengan keragaman antar klaster. Pada penelitian ini digunakan indeks validitas Xie-Beni Index (XBI) untuk mengevaluasi jumlah klaster optimal sehingga diperoleh pengelompokan terbaik. Hasil yang diperoleh pada kedua metode dalam penelitian ini yaitu jumlah klaster 2 merupakan klaster yang optimal untuk pengelompokan data kesejahteraan kabupaten di Pulau Jawa. Kata Kunci: analisis klaster, fuzzy c-means, fuzzy gustafson-kessel, xie-beni index.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2203416977 . Digilib
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:34
Terakhir diubah: 05 Aug 2022 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64458

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir