PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

EDI WIBOWO, 1823021026 (2022) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (349Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2816Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2028Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK Oleh : EDI WIBOWO Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD dengan model circuit learning yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi dua orang ahli menunjukkan bahwa produk tersebut termasuk dalam kategori valid dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Selanjutnya, hasil dalam uji coba terbatas terhadap beberapa guru dan peserta didik menyatakan bahwa produk yang dikembangkan tergolong sangat praktis. Dilanjutkan dengan uji coba secara luas yang dilakukan terhadap sampel penelitian yang dipilih secara purposive sampling dengan desain pretest – posttest control group design. Secara deskriptif diketahui bahwa rata – rata kemampuan akhir pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan LKPD dengan model circuit learning sebesar 40,90 lebih besar dari rata – rata kemampuan akhir pemahaman konsep matematis peserta didik yang tidak menggunakan LKPD dengan model circuit learning yakni 36.59. Selanjutnya dilakukan uji inferensia terhadap hasil postest menggunakan Uji-t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima yakni rata – rata pemahaman konsep matematis populasi yang menggunakan LKPD dengan model circuit learning lebih tinggi dari pada rata – rata pemahaman konsep matematis populasi yang tidak menggunakan LKPD dengan model circuit learning. Ditinjau dari hasil ketiga uji tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi statistika. Kata Kunci : LKPD, Model Circuit Learning, Pemahaman Konsep Matematis ABSTRACT DEVELOPMENT OF LKPD WITH CIRCUIT LEARNING MODEL TO IMPROVE CONCEPT UNDERSTANDING MATHEMATICS OF STUDENTS By : EDI WIBOWO This research is a development research that aims to produce a product in the form of LKPD with a valid, practical and effective circuit learning model. The results of the validation of two experts indicate that the product is included in the valid and feasible category to be applied in learning. Furthermore, the results in a limited trial of several teachers and students stated that the product developed was very practical. Followed by extensive trials conducted on research samples selected by purposive sampling with a pretest – posttest control group design. Descriptively, it is known that the average final ability to understand mathematical concepts of students who use LKPD with circuit learning models is 40,90, which is 36,59. Then, the inference test was carried out on the posttest results using the t-test. The value of Sig.(2-tailed) = 0.000 < 0.05, which means that H 0 is rejected and H 1 is accepted, namely the average understanding of the mathematical concept of the population using LKPD with a circuit model. learning is higher than the average understanding of the mathematical concept of the population that does not use the LKPD with the circuit learning model. Judging from the results of the three tests, it can be concluded that the product developed is proven to be valid, practical, and effective for improving student's understanding of mathematical concepts in statistical material. Keywords : LKPD, Circuit Learning, Understanding Mathematical Concepts

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Magister Ilmu Matematika
Pengguna Deposit: 2203703700 . Digilib
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:53
Terakhir diubah: 05 Aug 2022 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64491

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir