EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022)

LILY ARDIYANTI, NPM1813021030 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1056Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1009Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 352 siswa yang terdistribusi menjadi 11 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H sebanyak 27 siswa dan kelas VIII-K sebanyak 30 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning lebih dari 60% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning. Dengan demikian, model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2203703273 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:30
Terakhir diubah: 08 Aug 2022 01:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64510

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir