PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR

NUR AISYAH, 1813053103 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3295Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3297Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah pendidik belum optimal dalam menerapkan model pembelajaran karena pendidik masih menerapkan pembelajaran teacher centered sehingga hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Rancangan eksperimen semu yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VI dengan jumlah 48 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SD Negeri 2 Segalamider. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, matematika. The problem in this research is that educators are not optimal in applying the learning model because educators still apply teacher centered so that student learning outcomes in mathematics learning are still low. This study aims to determine the effect learning discovery learning outcomes. The method used in this research is a quasi-experimental (quasi-experimental). The quasiexperimental design used is the Non Equivalent Control Group Design. The research population is all students of class VI with a total of 48 students. Determination of the research sample using sampling saturated . Data collection techniques were carried out using test and questionnaire techniques. The results of hypothesis testing using a simple linear regression formula with the results obtained from this study indicate that there is an influence of the discovery learning on the mathematics learning outcomes of sixth grade students of State Elementary School 2 Segalamider. Keywords: discovery learning, learning outcomes, mathematics.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203536957 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Terakhir diubah: 08 Aug 2022 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64580

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir