IDENTIFIKASI DAERAH PROSPEK RESERVOAR PANASBUMI PADA DAERAH LAPANGAN PANASBUMI MALINGPING - LEBAK BANTEN BERDASARKAN ANALISIS DATA GAYABERAT

Annisa Yulia Elvarani, 1815051010 (2022) IDENTIFIKASI DAERAH PROSPEK RESERVOAR PANASBUMI PADA DAERAH LAPANGAN PANASBUMI MALINGPING - LEBAK BANTEN BERDASARKAN ANALISIS DATA GAYABERAT. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Annisa Yulia Elvarani.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] File PDF
1815051010_AnnisaYuliaElvarani_Full Skripsi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
1815051010_AnnisaYuliaElvarani_Tanpa Pembahasan.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada daerah panasbumi Malingping merupakan daerah yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Diketahui bahwa indikasi panasbumi yang muncul yaitu berupa mata air panas dengan temperatur sekitar 56,3 °C. Pada daerah panasbumi Malingping ini telah dilakukan penelitian sebelumnya yang mengidikasikan adanya manifestasi panasbumi. Pada dasarnya terdapat banyak metode geofisika untuk menentukan daerah prospek panasbumi, dimana salah satunya yaitu metode gayaberat yang digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi reservoar panasbumi. Berdasarkan hasil slicing penampang 3D pemodelan inversi, model patahan diturunkan dari penampang FHD (maksimum atau minimum) dan SHD=0, adapun nilai densitas yang rendah diasumsikan sebagai reservoar. Hasil slicing 1 ini merupakan patahan naik, slicing 2 merupakan patahan turun atau sesar normal dan slicing 3 merupakan patahan turun atau sesar normal. Malingping berdasarkan analisis model distribusi densitas bawah permukaan yang dikorelasikan dengan data geologi, data geokimia, dan magnetotellurik. Hasil dari penelitian ini yaitu pada model distribusi densitas bawah permukaan daerah panasbumi Malingping, reservoar ini berada pada formasi cipacar (Tpc) dan formasi bojongmanik (Tmb) yang diduga sampai dengan kedalaman 2000 m dengan nilai densitas 2,0 – 2,4 gr/cc. Zona prospek reservoar gayaberat ini lebih luas dibandingkan dengan zona prospek panasbumi terduga (MT). Keberadaan reservoar juga didukung oleh penampang resistivitas MT yang menunjukkan adanya reservoar pada daerah tersebut yang dibatasi oleh sesar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2208843701 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2022 00:33
Terakhir diubah: 16 Aug 2022 00:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64945

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir