ANALISIS SPASIAL PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DENGAN METODE GETIS-ORD GI* DAN LOCAL INDICATOR OF SPATIAL AUTOCORRELATION (LISA)

Sinta Bimantari, 1617031002 (2022) ANALISIS SPASIAL PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DENGAN METODE GETIS-ORD GI* DAN LOCAL INDICATOR OF SPATIAL AUTOCORRELATION (LISA). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (12Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Autokorelasi spasial merupakan salah satu analisis spasial untuk mengetahui pola hubungan atau korelasi antar lokasi (amatan). Autokorelasi spasial memberikan gambaran dan karakteristik kecenderungan pola pengelompokkan yang melibatkan keruangan dan wilayah. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Lampung pada bulan Maret 2020 hingga Februari 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Getis-Ord Gi* dan Local Indicator of Spatial Autocorrelation (LISA) dengan matriks pembobot spasial tipe Queen Contiguity. Getis-Ord Gi* digunakan untuk mengetahui daerah yang menjadi pusat pengelompokkan (hottest area). Tinggi rendahnya pengelompokan objek berdasarkan oleh probabilitas (p-value) dan standar deviasi (z-score). Sedangkan Local Indicator of Spatial Autocorrelation (LISA) untuk mengidentifikasikan hubungan antara suatu lokasi pengamatan terhadap suatu pengamatan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kabupaten/kota yang mempunyai nilai tinggi (hotspot) yaitu Kabupaten/Kota Bandar Lampung, Lampung Tengah, Pesisir Barat, Lampung Selatan, dan Lampung Utara. Sedangkan kabupaten/kota yang menunjukkan terdapatnya autokorelasi spasial adalah Kabupaten/Kota Bandar Lampung pada bulan Juli 2020. Berdasarkan pemetaan kedua metode tersebut, diperoleh bahwa pola penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Lampung adalah cenderung random. Kata kunci: Autokorelasi Spasial, Getis-Ord Gi*, LISA, Queen Contiguity, Covid-19

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2208142852 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:42
Terakhir diubah: 22 Aug 2022 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65367

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir