PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 2 SMAN I TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Heni Arifa M , 2023041007 (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 2 SMAN I TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3155Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2724Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini ialah rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN I Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2021/2022. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi berbasis model problem based learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang pelaksanaannya terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan (1) perencanaan pembelajaran yaitu siklus I sebesar 71,67 dalam kategori baik, sedangkan siklus II sebesar 90,00 dalam kategori sangat baik, (2) pelaksanaan pembelajaran yaitu siklus I sebesar 70,28 dalam kategori baik, sedangkan siklus II sebesar 91,67 dalam kategori sangat baik, (3) penilaian pembelajaran yaitu peserta didik memperoleh rata-rata 72,67 dengan kategori belum tuntas pada siklus I, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata- rata 87,67 dengan kategori tuntas pada siklus II, dan (4) kegiatan pembelajaran secara keseluruhan apabila dilihat dari hasil penilaian penyusunan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran siklus II lebih baik daripada siklus I. Dengan demikian, terjadi peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi berbasis model problem based learning pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN I Terbanggi Besar. Kata kunci: kemampuan menulis, teks eksplanasi, problem based learning The problem raised in this study is the low ability to write explanation texts for students in class XI IPA 2 SMAN I Terbanggi Besar in the academic year 2021/2022. Therefore, this study aims to describe improvement learning to write explanation texts based on problem based learning models. This study uses a Classroom Action Research design, the implementation of which consists of four stage, namely planning, implementation, evaluation, and reflection. This classroom action research took place in two cycles, each cycle included two meetings. Data collection techniques were carried out through observation and testing of learning outcomes. The results showed an increase in (1) learning plans namely the first cycle of 71,67 in the good category, while the second cycle of 90,00 in the very good category (2) the implementation of learning, namely the first cycle of 70,28 in the good category, while the second cycle 91,67 in the very good category, (3) learning assessment, namely students get an average of 72.67 with the category not completed in the first cycle,while in the second cycle the average value of 87.67 with the complete category in cycle II, and (4) overall learning activities based on the results of the assessment of the preparation of learning plans, implementation of learning and assesment cycle II are better than cycle I. Thus, happened improvement skills in writing explanation texts based on problem based learning model on student in class XI IPA 2 SMAN I Terbanggi Besar. Keywords: writing ability, explanation text, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2208252844 . Digilib
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:16
Terakhir diubah: 25 Aug 2022 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65633

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir