RIZKI , CHIESA (2022) INOVASI PROGRAM PELAYANAN TANPA KONTAK FISIK (LAPAK ASIK) DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2756Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1555Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pandemi Covid-19 yang membuat terbatasnya aktivitas manusia, mengakibatkan terhambatnya proses pelayanan publik. Dalam meningkatkan kinerja sebuah organisasi, tiap badan melakukan perbaikan guna mengeluarkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan publik. Inovasi merupakan salah satu bentuk peningkatan kinerja organisasi selaras dengan pelayanan publik yang dibutuhkan oleh pengguna layanan. Dengan terus mengikuti perkembangan zaman, maka BPJS Ketengakerjaan mengeluarkan program berbasis teknologi yakni Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) guna melakukan pelayanan yang optimal di masa Pandemi Covid-19. Layanan ini memberikan kemudahan kepada peserta untuk tetap mendapatkan layanan khususnya pada proses klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dengan tetap dirumah saja tanpa harus hadir ke kantor yang diperkirakan dapat berpotensi menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini. Keberadaan LAPAK ASIK ini dapat dikatakan sebuah inovasi karena mengubah kebiasaan yang sebelumnya berfokus pada layanan tatap muka dan konvensional di kantor cabang menjadi layanan yang berintegrasi dengan sistem digital yang mampu diakses setiap peserta dari mana saja dengan menggunakan media online. Pada pelaksanaanya sebuah inovasi perlu dipersiapkan melalui pertimbangan sehingga mampu diluncurkan dan mampu diterima oleh masyarakat. Untuk melihat kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat atribut inovasi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dalam melaksanakan program Lapak Asik ini dengan menggunakan indikator yang dikemukakan oleh Rogers yang memiliki 5 indikator yakni Keuntungan Relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Uji Coba, dan Kemudahan Diamati. Melalui ke-5 indikator tersebut, penelitian menunjukkan bahwa program yang telah dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung memiliki seluruh atribut inovasi dengan berjalannya proses pelayanan yang kembali optimal di masa Pandemi Covid-19. Namun, penelitian ini juga menemukan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Lapak Asik di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung seperti kendala internal yakni server down, dan kendala eksternal berupa ketidaksiapan sarana peserta dalam menggunakan inovasi. Kata Kunci: Inovasi; Pelayanan Publik Digital; LAPAK ASIK; BPJS Ketenagakerjaan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara |
Pengguna Deposit: | 2208938579 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 04:08 |
Terakhir diubah: | 25 Aug 2022 04:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65655 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |