PENENTUAN LOKASI DAN KAPASITAS KAPASITOR BANK PADA JARINGAN DISTRIBUSI PENYULANG AMERICANO UNTUK MEMINIMALKAN RUGI-RUGI DAYA DENGAN METODE GREY WOLF OPTIMIZER (GWO)

Kevin Elvredo Banjar Nahor, 1815031031 (2022) PENENTUAN LOKASI DAN KAPASITAS KAPASITOR BANK PADA JARINGAN DISTRIBUSI PENYULANG AMERICANO UNTUK MEMINIMALKAN RUGI-RUGI DAYA DENGAN METODE GREY WOLF OPTIMIZER (GWO). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemasangan Pemasangan kapasitor bank merupakan salah satu cara untuk mengurangi rugi-rugi daya dan menaikan profil tegangan. Kapasitor bank yang terpasang akan menyuplai daya reaktif yang bersifat kapasitif, sehingga nilai impedansi atau tahanan dari saluran dapat berkurang. Meningnkatnya resistansi menyebabkan turunnya profil tegangan dan naiknya reduksi daya. Berdasarkan percobaan simulasi ETAP 19.01 penurunan profil tegangan di penyulang Americano pada saat beban siang sebesar 4,1 kV dengan total rugi-rugi daya sebesar 449,5 kW dan saat beban malam sebesar 6 kV dengan total rugi-rugi daya sebesar 917 kW Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penambahan kapasitor bank dengan menggunakan metode Grey Wolf Optimizer (GWO) untuk membantu proses pencarian lokasi dan kapasitas dari kapasitor bank. Penurunan rugi-rugi daya aktif setalah dilakukan pemasangan kapasitor bank pada saat beban siang sebesar 148,5 kW, dengan kenaikan rata-rata tegangan sebesar 1,212 kV dan pada saat beban malam didapatkan penurunan daya aktif sebesar 374 kW, dengan kenaikan rata-rata tegangan sebesar 1,46 kV. Dengan ditentukan lokasi dan kapasitas kapasitor bank, maka didapatkan nilai penurunan daya dan kenaikan profil tegangan yang maksimal. Kata kunci : Kapasitor bank, Profil tegangan, Reduksi daya, Penyulang Americano, Grey Wolf Optimizer (GWO)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2208345087 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:24
Terakhir diubah: 26 Aug 2022 01:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65685

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir