KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI KEPALA KELUARGA PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN KANGKUNG KECAMATAN BUMI WARAS KOTA BANDAR LAMPUNG

MUSOIB AHMAD, 1713034032 (2022) KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI KEPALA KELUARGA PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN KANGKUNG KECAMATAN BUMI WARAS KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2431Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2008Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik sosial ekonomi kepala keluarga permukiman kumuh di Kelurahan Kangkung Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang menempati daerah permukiman kumuh di Kelurahan Kangkung sebanyak 673 KK. Sampel pada penelitian ini sebanyak 67 KK dengan menggunakan teknik sampel propotional random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, teknik kuesioner dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis tabulasi silang (crosstab). Hasil penelitian menujukan bahwa : 1) Terdapat perbedaan karakteristik sosial kepala keluarga permukiman kumuh di Kelurahan Kangkung Tahun 2021 menurut tingkat pendidikan dan suku. Semakin tinggi tingkat pendidikan kepala keluarga semakin baik karakteristik permukiman yang dimiliki dan menurut pengelompokan suku antara Suku Lampung, Jawa, Banten, Sunda dan Palembang menunjukan bahwa karakteristik permukiman kumuh yang dimiliki oleh Suku Pendatang Banten lebih buruk dibandingkan dengan suku lain yang terdapat di permukiman kumuh Kelurahan Kangkung. 2). Terdapat perbedaan karakteristik ekonomi kepala keluarga permukiman kumuh di Kelurahan Kangkung Tahun 2021 menurut jenis pekerjaan, pendapatan dan kepemilikan barang berharga. Jenis pekerjaan menunjukkan bahwa semakin banyak kepala keluarga yang bekerja sebagai buruh dan nelayan semakin buruk karakteristik permukiman yang dimiliki dibandingkan pedagang kecil. Karakteristik pemukiman pada kepala keluarga yang berpendapatan rendah lebih buruk dibandingkan dengan kepala keluarga dengan pendapatan sangat rendah dan sedang dikarenakan mayoritas kepala keluarga merupakan kepala keluarga dengan pendapatan rendah. Sementara itu, menurut kepemilikan barang berharga semakin banyak barang berharga yang dimiliki oleh kepala keluarga maka semakin baik karakteristik permukiman begitupun sebaliknya. Kata kunci : karakteristik sosial, ekonomi, permukiman kumuh.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2208892073 . Digilib
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:29
Terakhir diubah: 29 Aug 2022 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65853

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir