PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEHARMONISAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP DISIPLIN SISWA DI SMPN SATU ATAP 3 TULANG BAWANG BARAT

NONI YULIA MARNA, 1723031013 (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEHARMONISAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP DISIPLIN SISWA DI SMPN SATU ATAP 3 TULANG BAWANG BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Noni Yulia Marna.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Noni Yulia Marna.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2761Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Noni Yulia Marna.pdf

Download (2729Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: 1) pengaruh persepsi tentang keharmonisan keluarga terhadap disiplin siswa di SMPN Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat Tulang Bawang Barat, 2) pengaruh persepsi tentang lingkungan masyarakat terhadap disiplin siswa di SMPN Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat, 3) pengaruh persepsi tentang keharmonisan keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap disiplin siswa di SMPN Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat sebesar 58 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan lembar kuesioner. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan bantuan program SPSS 24.0 for Windows dengan taraf signifikasi 0,05. Data diolah dengan menggunakan uji linier sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nyata dari persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga terhadap disiplin siswa menunjukkan nilai koefisien 0,407 yang artinya jika persepsi tentang keharmonisan keluarga dinaikan maka akan meningkatkan disiplin siswa sebesar 0,407. Pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan masyarakat terhadap disiplin siswa menunjukkan nilai koefisien 0,707 yang artinya kontribusi persepsi lingkungan masyarakat terhadap disiplin siswa memberikan pengaruh positif. Pengaruh persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap disiplin siswa menunjukkan nilai koefisien X1 0,254 dan X2 0,550 dalam uji regeresi yang artinya memberikan pengaruh positif terhadap disiplin siswa. Kata kunci: keharmonisan keluarga, lingkungan masyarakat, disiplin This study aims to find: 1) the effect of the student perceptions about family environment on the discipline of students at SMPN Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat Tulang Bawang Barat, 2) the influence of the student perceptions about community environment on the discipline of students at SMPN Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat, 3) the effect of the student perceptions about family harmony and the community environment on student discipline at SMPN Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat. This research is a quantitative research using a correlational approach. Determination of research subjects using a non-probability sampling technique, namely the saturated sample. The sample in this study were all students of class VIII SMPN Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat amounted to 58 students. The measuring instrument used in this study was a questionnaire sheet. The instrument used in this study is a questionnaire that has been tested for validity and reliability with the help of the SPSS 24.0 for Windows program with a significance level of 0.05. The data was processed using a simple linear test and multiple regression test. The results showed that there was a significant effect of the student perceptions of family harmony on student discipline, showing a coefficient value of 0.407, which means that if family harmony is increased it will increase student discipline by 0.407. The influence of community environmental perceptions on student discipline shows a coefficient value of 0.707 which means that the contribution of community environmental perceptions on student discipline has a positive influence. The effect of students perception about family harmony and the community environment in student discipline shows the coefficient value of X1 0.254 and X2 0.550 in the regression test, which means that it has a positive influence on student discipline. Keywords: family harmony, community environment, disciplin

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 30 Aug 2022 13:10
Terakhir diubah: 30 Aug 2022 13:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65886

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir