PENGARUH POLA ASUH AUTORITATIF ORANG TUA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN METRO TIMUR

Melisa Trianawati, 1813053095 (2022) PENGARUH POLA ASUH AUTORITATIF ORANG TUA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (449Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL TANPA LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1821Kb)
[img]
Preview
File PDF
FULL TANPA PEMBAHASAN (1).pdf

Download (1577Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH POLA ASUH AUTORITATIF ORANG TUA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN METRO TIMUR Oleh MELISA TRIANAWATI Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya perilaku perkembangan karakter tanggung jawab peserta didik kelas V yang kurang baik. Hal ini disebabkan oleh adanya pengaruh pola asuh yang diterapkan orang tua yaitu pola asuh autoritatif dan pergaulan yang dilakukan anak dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh autoritatif orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap karakter tanggung jawab peserta didik kelas V SDN Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi berjumlah 216 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 71 orang peserta didik. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket dan studi dokumentasi. Instrument pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh autoritatif orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap karakter tanggung jawab peserta didik kelas V, ditunjukkan dengan nilai F_hitung lebih besar dari nilai F_tabel (18,642 ≥ 3,14) dengan kontribusi sebesar 35,41%. Kata kunci: karakter tanggung jawab, pergaulan teman sebaya, pola asuh autoritatif orang tua. ABSTRACT THE EFFECT OF PARENTAL AUTHORITATIVE PARENTING AND PEER FRIEND RELATIONSHIP ON CHARACTER RESPONSIBILITY FOR 5^thGRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL CLUSTER CUT NYAK DIEN METRO TIMUR DISTRICTS By MELISA TRIANAWATI The problem in this study was the behaviour of the development of responsibility of fifth grade is low. This is caused by the influence of parenting applied by parents namely authoritative parenting and associations carried out by children with their peers. This study aims to determine the effect of parental authoritative parenting and peer friend relationship on character responsibility of fifth grade students of elementary school cluster cut nyak dien metro timur districts. This type of research is ex-post facto. The study population numbered 216 students and the research sample was 71 students. The data collection techniques used were questionnaire and documentation study. The data collection instrument was a questionnaire with a Likert scale that had been tasted for validity and reliability. The result showed that there was a significant effect between parental authoritative parenting and peer friend relationship on character responsibility of fifth grade students, shown by a F_count values greater than F_table value (18,642 ≥ 3,14), with contribution in amount of 35,41%. Keywords: character responsibility, parental authoritative parenting, peer friend relationship.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208367590 . Digilib
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:33
Terakhir diubah: 14 Sep 2022 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66087

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir