PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMAN 1 PASIR SAKTI

NICHOLA EKA BUANA, 1813024031 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMAN 1 PASIR SAKTI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3430Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASNA.pdf

Download (3239Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pokok ekosistem di SMA Negeri 1 Pasir Sakti. Penelitian ini merupakan penelitian quasieksperimental dengan desain pretest-posttest non-equialent control group design. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik kelas X SMAN 1 Pasir Sakti tahun ajaran 2021-2022. Dari populasi diambil dua kelompok kelas sebagai sampel dengan teknik random sampling, didapatkan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan angket. Instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda mengukur kemampuan literasi sains siswa pada dua aspek literasi sains yakni aspek konten dan kompetensi. Instrumen angket berisi pertanyaan terkait respon siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan E-LKPD berbasis PBL. Analisis data dilakukan dengan uji statistik independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan kelas eksperimen yang menggunakan E-LKPD berbasis PBL memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,13 dengan kategori rendah. Peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen juga terlihat baik pada aspek konten maupun kompetensi. Persentase hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran mendapatkan rerata 80,54 yang dapat diinterpretasikan sebagai respon yang baik. Uji independent sample t-test terhadap skor N-Gain siswa menunjukan hasil sig. (2-tailed) < 0,05 maka membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata peningkatan kemampuan literasi sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunakan ELKPD berbasis PBL terhadap ketercapaian kemampuan literasi sains siswa. Kata kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Literasi sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208464817 . Digilib
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:34
Terakhir diubah: 19 Sep 2022 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66142

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir