IMPLEMENTASI PENGKODEAN DATA BASE-64 DAN KODE QR CITRA FOTO WAJAH UNTUK AUTENTIKASI TANDA TANGAN DOKUMEN DIGITAL DALAM BENTUK LIBRARY JAVASCRIPT

HANA AFRILIZA, 1817051012 (2022) IMPLEMENTASI PENGKODEAN DATA BASE-64 DAN KODE QR CITRA FOTO WAJAH UNTUK AUTENTIKASI TANDA TANGAN DOKUMEN DIGITAL DALAM BENTUK LIBRARY JAVASCRIPT. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4053Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3306Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penerapan teknologi berdampak pada tergantikannya cara-cara konvensional menjadi modern, salah satunya dalam memberikan autentikasi dokumen. Tanda tangan dapat digunakan sebagai salah satu solusi dalam melakukan autentikasi dokumen karena dianggap mampu dijadikan bukti secara matematis, bahwa dokumen tidak dimodifikasi secara ilegal. Perbedaan yang terletak antara tanda tangan pada dokumen digital dan dokumen konvensional adalah dari segi keamanannya. Tanda tangan pada dokumen konvensional rentan mengalami pemalsuan. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya bukti untuk memastikan bahwa dokumen tersebut telah ditandatangani oleh pihak yang bersangkutan. Sehingga, penggunaan tanda tangan pada dokumen digital lebih terjamin keamanannya dibandingkan pada dokumen konvensional. Pengamanan yang dilakukan untuk menjamin keasliannya adalah dengan memanfaatkan kode QR yang di dalamnya terdapat id, dan link yang digunakan untuk melakukan verifikasi keaslian dokumen. Proses verifikasi yang dilakukan untuk memastikan keasliannya adalah dengan melakukan pemindaian kode QR yang disematkan pada dokumen tersebut. Hasil dari penelitian ini berupa “Implementasi Pengkodean Data Base-64 dan Kode QR Citra Foto Wajah untuk Autentikasi Tanda Tangan Dokumen Digital dalam bentuk Library Javascript”. Library yang dikembangkan menggunakan javascript dan waterfall digunakan sebagai metode pengembangan, serta metode pengujian yang digunakan yaitu black-box testing. Kata Kunci: Tanda Tangan, Autentikasi, Kode QR, Pengkodean Base-64.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: 2208383081 . Digilib
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:26
Terakhir diubah: 21 Sep 2022 01:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66154

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir