PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS MODEL PIRLS UNTUK MENGUKUR LITERASI MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS 5

Yuli Putri Pratiwi , 1923053016 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS MODEL PIRLS UNTUK MENGUKUR LITERASI MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS 5. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1049Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (946Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kognitif yang layak dan terstandar dengan berbasis model PIRLS untuk mengukur literasi membaca bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 11 Metro Pusat Kota Metro. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat Kota Metro. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi angket dan tes. Analisis data menggunakan persentase untuk validasi ahli dan praktisi untuk kelayakan, serta analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda untuk kestandaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan instrumen penilaian kognitif dengan berbasis model PIRLS untuk mengukur literasi membaca bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V sekolah dasar yang dikembangkan menghasilkan instrumen penilaian kognitif yang layak dan terstandar. Kata kunci: instrumen penilaian kognitif, model pirls, literasi membaca This research aims to develop and produce an appropriate and standardized cognitive assessment instrument based on PIRLS model to measure Indonesian reading literacy in fifth grade elementary school students. The type of research and development used is based on the Borg & Gall development model. The population of this study were all students of SD Negeri 11 Metro Pusat Kota Metro. The sample in this study was the fifth grade students of SD Negeri 11 Metro Pusat Kota Metro. Data collection techniques using documentation, questionnaires, and test. Data analysis used percentages for expert and practitioner validation for decent, as well as analysis of validity, reliability, level of difficulty and discriminatory power for standardized. The results showed that the development of a cognitive assessment instrument based on the PIRLS model to measure reading literacy Indonesian language in fifth grade elementary school students resulted produce a decent and standardized cognitive assessment instrument. Keywords: cognitive assessment instrument, pirls model, reading literacy

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2208733460 . Digilib
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:15
Terakhir diubah: 21 Sep 2022 02:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66163

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir