PENGARUH PRAKTIKUM MENGGUNAKAN SENSOR SMARTPHONE DENGAN MEDIA PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Nadia Nur Aprilia, 1813022022 (2022) PENGARUH PRAKTIKUM MENGGUNAKAN SENSOR SMARTPHONE DENGAN MEDIA PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1337Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (957Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Proses pengambilan data percobaan yang dilakukan siswa selama kegiatan praktikum masih dengan mengamati, mencatat dan menganalisis data secara manual, sehingga banyak siswa yang kesulitan dalam menganalisis data percobaan baik yang berupa gambar, grafik, tabel dan persamaan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum menggunakan sensor smartphone dengan media Physics Toolbox Sensor Suite berbasis inkuri terbimbing pada pembelajaran hukum Newton terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 1 Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata N-gain dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil dari uji Mann Withney U Test, nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00. Hal ini menujukkan pengaruh yang siginifikan praktikum menggunakan sensor smartphone dengan media physics toolbox sensor suite berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran hukum Newton terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata Kunci: Aplikasi Physics Toolbox Sensor Suite, Inkuri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208520529 . Digilib
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:37
Terakhir diubah: 22 Sep 2022 01:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66207

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir