EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMK N 1 BANDAR LAMPUNG

CARISSA NOVIYANDARI, 1713043036 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMK N 1 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rocket Digital.pdf

Download (990Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1247Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf

Download (1311Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Efektivitas adalah suatu keadaan yang menunjukkan tingkat keberhasilan atau pencapaian suatu tujuan yang diukur dengan kualitas, kuantitas dan waktu sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Pada pembelajaran tari Muli Siger menggunakan media audio visual di SMK N 1 Bandar Lampung untuk mempermudah guru dalam melakukan pembelajaran secara daring di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan rumusan masalah terkait bagaimana efektivitas pembelajaran seni budaya menggunakan media audio visual di SMK N 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan menggambarkan dan menjelaskan masalah yang diteliti. Adapun data yang diperoleh pada penelitian ini berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini secara keseluruhan mengungkapkan bahwa pembelajaran Tari Muli Siger menggunakan media audio visual dapat berlangsung secara efektif. Efektivitas pembelajaran dapat diamanati dari hasil penilaian guru terhadap pencapaian belajar siswa berupa tes dan non tes. Penilaian melibatkan tiga aspek yaitu: Upo, Ghaso, dan Bagho dengan hasil akhir pada aspek Upo mendapatkan poin 89 dengan kriteria baik, kemudian didapatkan hasil pada aspek Ghaso yaitu sebesar 80 poin dengan kriteria baik, lalu yang terakhir yaitu Bagho dengan poin 87 dengan kriteria baik. Sehingga didapatkan hasil akhir keseluruhan yaitu 85.4 dengan kriteria sangat baik. Kata kunci: Efektivitas, Tari Muli Siger, Media Audio visual. Effectiveness is a condition that shows the level of success or achievement of a goal as measured by quality, quantity and time as previously planned. In learning the Muli Siger dance using audio-visual media at SMK N 1 Bandar Lampung to make it easier for teachers to do online learning at school. The purpose of this study was to describe the formulation of the problem related to the effectiveness of learning arts and culture using audio-visual media at SMK N 1 Bandar Lampung. This study uses a qualitative method with a descriptive approach that will describe and explain the problem under study. The data obtained in this study were based on the results of observations, interviews and documentation which were then analyzed through data reduction, data presentation and data verification. The results of this study as a whole reveal that learning the Muli Siger Dance using audio-visual media can take place effectively. The effectiveness of learning can be observed from the results of the teacher's assessment of student learning achievement in the form of tests and non-tests. The assessment involves three aspects, namely: Upo, Ghaso, and Bagho with the final result on the Upo aspect getting 89 points with good criteria, then the results on the Ghaso aspect are 80 points with good criteria, then the last one is Bagho with 87 points with good criteria . So that the overall final result is 85.4 with very good criteria. Keywords: Effectiveness, Muli Siger Dance, Audio Visual Media.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:07
Terakhir diubah: 22 Sep 2022 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66228

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir