PENGARUH CONSUMER TRAITS DAN FAKTOR SITUASIONAL YANG DIMODERASI OLEH GENDER TERHADAP IMPULSIVE BUYING (STUDI PADA PENGGUNA E-COMMERCE SELAMA PANDEMI COVID-19)

KHAIRUNNISA , RIZKY (2022) PENGARUH CONSUMER TRAITS DAN FAKTOR SITUASIONAL YANG DIMODERASI OLEH GENDER TERHADAP IMPULSIVE BUYING (STUDI PADA PENGGUNA E-COMMERCE SELAMA PANDEMI COVID-19). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dunia mengalami keterbatasan dalam beraktivitas dikarenakan Virus Corona (Covid 19) yang muncul pada akhir Tahun 2019 pertama kali di Cina. Sejak diterapkan kebijakan lockdown berbasis Covid 19 dan pembatasan jam operasional toko, masyarakat menjadi merasa sangat terbatas dalam memenuhi kebutuhan harian mereka. Kondisi tersebut merubah pola perilaku konsumen yang awalnya terbiasa membeli produk secara offline atau langsung mengunjungi toko fisik, kini beralih menjadi online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel sifat konsumen yang yang diwakili oleh sub variabelnya, berupa impulse buying tendency, shopping enjoyment tendency, dan materialism, serta variabel faktor situasional antara lain; person’s situation, website quality, motivational ativities by retailers, dan product attributes terhadap impulsive buying. Tujuan lain adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor mana yang memberikan pengaruh terbesar dalam mendorong perilaku impulsive buying. Terakhir, penelitian ini menguji bagaimana pengaruh gender dalam memoderasi hubungan consumer traits dan dan faktor dengan impulsive buying. Analisis model persamaan struktural (SEM) digunakan untuk menganalisis 500 sampel yang dapat digunakan dan diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, dan kemudian akan diolah dengan bantuan software statistik AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan sub variabel consumer traits dan faktor situasional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa shopping enjoyment tendency sebagai salah satu consumer traits yang memiliki pengaruh paling signifikan dalam mendorong pengguna e-commerce untuk melakukan pembelian impulsif, sedangkan website quality berperan sebagai pengaruh terbesar dalam faktor situasional yang dilihat dari sisi perusahaan/penjual. Terakhir, Gender dapat memperkuat hubungan antara consumer traits faktor situasional dengan impulsive buying. Jika dilihat lebih lanjut dari segi kuantitatif, dapat diketahui bahwa konsumen perempuan lebih impulsif dibandingkan laki-laki saat mengakses e-commerce selama pandemi walaupun perbedaannya tidak terlalu jauh berbeda. Kata Kunci: Consumer Traits, Faktor Situasional, Impulsive Buying, E-Commerce, Covid-19

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:08
Terakhir diubah: 22 Sep 2022 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66256

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir