Amelia Drivera , 1813054004 (2022) IMPLEMENTASI PIJAKAN PENDEKATAN BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (303Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2062Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1574Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah pada penelitian ini adalah masih jarang diteliti metode pembelajaran BCCT yang dapat mengembangkan setiap dimensi kreativitas anak usia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pijakan pendekatan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) khususnya di sentra seni dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 30 orang anak TK Alam Kreasi Edukasi di Kecamatan Way Halim, dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan sampel jenuh dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 30 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar ceklist observasi dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pijakan pendekatan BCCT dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini yang terdiri atas 4 dimensi yaitu; 1) Fluency, kreativitas anak berada pada tingkat kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan indeks persentase 85%. 2) Flexibility, kreativitas anak berada pada tingkat kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan indeks persentase 40%. 3) Originility, kreativitas anak berada pada tingkat kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan indeks persentase 63%. 4) Elaboration, kreativitas anak berada pada tingkat kategori Mulai Berkembang (MB) dengan indeks persentase 37%. Rata-rata nilai berdasarkan keseluruhan dimensi didapatkan bahwa sebanyak 53% anak berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) yang berarti bahwa, pendekatan BCCT dapat mengembangkan dimensi kreativitas anak usia dini. Kata kunci : Pendekatan BCCT, kreativitas, anak usia dini
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Pengguna Deposit: | 2208482152 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 03:07 |
Terakhir diubah: | 26 Sep 2022 03:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66285 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |