HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN PENULARAN HIV IBU KE ANAK (PPIA) DENGAN PEMANFAATAN PEMERIKSAAN HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS (HIV) DI PUSKESMAS PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022

RIA WAHYU JANUARTI, 1518011175 (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN PENULARAN HIV IBU KE ANAK (PPIA) DENGAN PEMANFAATAN PEMERIKSAAN HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS (HIV) DI PUSKESMAS PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (962Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (911Kb) | Preview

Abstrak

Latar Belakang Kasus baru HIV mengalami peningkatan tiap tahunnya, setiap tahun kasus ini selalu meningkat dan akan menjadi puluhan ribu kasus pada akhir tahun 2030. Komplikasi yang disebabkan HIV juga beragam pada ibu hamil. Hal ini diikuti pula dengan peningkatan kasus HIV pada anak. Tingginya angka HIV pada anak menjadi suatu permasalahan serius, karena 90% kasus HIV pada anak didapatkan melalui fetomaternal atau penularan dari ibu ke bayi. Penularan tersebut dapat dicegah jika ibu hamil sejak dini diketahui statusnya melalui tes hiv pada ibu hamil.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, dan sikap ibu hamil di Puskesmas Panjang Kota Bandar Lampung terhadap pemanfaatan pemeriksaan HIV. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sampel berjumlah 52 orang diperoleh melalui teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan Uji Chi-square. Hasil Penelitian Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa sebagian besar ibu hamil yang menjadi responden penelitian ini memiliki pengetahuan yang baik tentang PPIA yaitu pengetahuan baik 31 orang (59,6%). Responden yang memiliki sikap setuju tentang PPIA yaitu sikap setuju 38 orang (73,1%). Ibu yang yang menjadi responden penelitian ini ikut dalam pemeriksaan HIV yaitu 34 orang (65,4%) yang ikut pemeriksaan HIV. Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan penularan HIV ibu ke anak (PPIA) dengan pemaanfaatan pemeriksaan HIV (p=0,004). Ada hubungan antara sikap ibu hamil tentang pencegahan penularan HIV ibu ke anak (PPIA) dengan pemaanfaatan pemeriksaan HIV (p=0,001) Simpulan Dengan demikian disarankan kepada Tenaga Kesehatan Puskesmas Panjang Kota Bandar Lampung untuk mengoptimalkan sosialisasi kesehatan melalui kerjasama dengan instansi kesehatan swasta,kader,dan kelurahan denganmelakukan penyuluhan mengenai layanan pemeriksaan HIV, untuk meningkatkan niat ibu hamil dalam memanfaatkan pemeriksaan HIV di wilayah kerja Puskesmas Panjang Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Pengetahuan,Sikap, ibu hamil HIV, PPIA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2208708585 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:26
Terakhir diubah: 03 Oct 2022 01:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66471

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir