PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KORAN DIGITAL TERHADAP PENGUATAN CIVIC LITERACY DI SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Wulandari, Selva (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KORAN DIGITAL TERHADAP PENGUATAN CIVIC LITERACY DI SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (981Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1355Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1354Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Guru sebagai pendidik merupakan aktor utama dalam proses penyampaian ilmu atau transfer ilmu di dalam kelas. Maka dari itu salah satu keterampilan yang harus dikembangkan oleh guru yaitu keterampilan dalam memanfaatkan media digital sebagai media dalam pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Selain itu juga keterampilan lain yang harus dikembangkan yaitu keterampilan berpikir kritis, dimana hal ini dapat dimanifestasikan juga dalam civic literacy yang tentunya menjadi hal sangat penting dalam menyiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global khususnya dalam bidang pendidikan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media koran digital berpengaruh positif terhadap penguatan civic literacy siswa. Dikarenakan dilihat dari cara berfikir siswa dalam memecahkan masalah dalam kegiatan pembelajaran, mandiri dan berani berargumen yang ditunjukan dengan adanya diskusi yang hidup. Selain itu terbentuk peningkatan struktur bahasa pada siswa karena siswa dilatih untuk berdiskusi secara rutin, pencarian informasi melalui koran digital dapat membuka wawasan siswa dan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan maksimal. Hal lain yang didapat dalam diri siswa terdapat pengaruh postif berupa manajemen waktu, siswa dilatih untuk mengelola waktu secara mandiri untuk melakukan kelas online dalam setiap kegiatan pembelajaran, dilatih pula untuk menentukan prioritas dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu juga siswa merasa bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan untuk mencapai apa yang diharapkan oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini rasa ingin tahu, dan kegigihan dalam belajar bukan bukan hanya berasal dari orang tua dan guru, melainkan juga penggunaan media pembelajaran koran digital. Kata Kunci : Media Koran Digital, Civic Literacy Teachers as educators are the main actors in the process of delivering knowledge or transferring knowledge in the classroom. Therefore, one of the skills that must be developed by teachers is the skill in utilizing digital media as a medium in learning that can support success in achieving these learning goals. In addition, other skills that must be developed are critical thinking skills, where this can be manifested also in civic literacy which is of course very important in preparing students to face global challenges, especially in the field of education. The research method used is descriptive method with a quantitative approach. Data collection techniques used the main technique, namely questionnaires and supporting techniques, namely interviews. The tool for analyzing the data in this study is using SPSS version 20. The results show that the use of digital newspaper-based media has a positive effect on strengthening students' civic literacy. Because it is seen from the way students think in solving problems in learning activities, independently and dare to argue which is indicated by lively discussions. In addition, there is an increase in the structure of language in students because students are trained to discuss regularly, searching for information through digital newspapers can open students' horizons and take full advantage of technological sophistication. Another thing that is found in students is that there is a positive influence in the form of time management, students are trained to manage time independently to conduct online classes in every learning activity, also trained to determine priorities in doing the tasks given by the teacher. In addition, students also feel that learning is a necessity to achieve what is expected by students in learning activities. In this case, curiosity and persistence in learning do not only come from parents and teachers, but also the use of digital newspaper-based learning media. Keywords: Digital Newspaper Media, Civic Literacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2208878064 . Digilib
Date Deposited: 08 Oct 2022 16:39
Terakhir diubah: 08 Oct 2022 16:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66705

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir