PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Merbau Mataram Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)

Dinda Dewi Nurlatifah, 1813021041 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Merbau Mataram Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1007Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (968Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe AIR terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Merbau Mataram semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-B dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-E dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih melalui Teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe AIR berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, AIR, Pemahaman Konsep Matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2208127630 . Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:56
Terakhir diubah: 10 Oct 2022 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66750

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir