ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL (Analisis pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023)

Kintan Wanda Aulia, 1813021022 (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL (Analisis pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2155Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1696Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan persoalan aritmatika sosial. Subjek penelitian ini, siswa kelas VIII H dan VIII I SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang kesalahan siswa. Selanjutnya, dilakukan analisis data melalui lima tahap yaitu, (1) kondensasi data, (2) kategorisasi, (3) sintesisasi, (4) menghitung persentase kesalahan, dan (5) menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa kesalahan yang paling banyak yaitu (1) kesalahan operasi sebanyak 372 kesalahan dengan persentase kesalahan 22,52%, (2) kesalahan konsep 195 kesalahan dengan persentase kesalahan 11,80%, (3) kesalahan kecerobohan 111 kesalahan dengan persentase kesalahan 6,72%, dan (4) kesalahan prinsip 97 kesalahan dengan persentase kesalahan 5,87%. Adapun faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dan sesuai dengan jenis kesalahan yang menjadi fokus penelitian, (1) tidak memahami konsep prasyarat operasi dasar pecahan dan persentase, kurangnya ketelitian dalam melakukan proses operasi, dan kurangnya latihan soal serupa yang diberikan guru, (2) tidak cermat dalam membaca soal, materi tidak cukup dijelaskan dengan baik akibat pembelajaran daring, (3) tergesa-gesa saat pengerjaan soal (4) lupa rumus yang berkaitan dengan soal.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2208324419 . Digilib
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:33
Terakhir diubah: 07 Dec 2022 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67395

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir