PERBEDAAN RERATA ASUPAN GIZI DARI PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH PADA BALITA STUNTING DAN TIDAK STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANJAR AGUNG

Revika Gina Luthfiya, 1918011009 (2022) PERBEDAAN RERATA ASUPAN GIZI DARI PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH PADA BALITA STUNTING DAN TIDAK STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANJAR AGUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (3144Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3139Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3142Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Stunting merupakan gangguan pertumbuhan yang bersifat irreversibel yang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang tidak adekuat. Prevalensi stunting di Provinsi Lampung masih cukup tinggi, berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menanggulangi masalah stunting. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mensosialisasikan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai salah satu upaya pencegahan dan penanganan stunting. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan rerata asupan gizi (energi,protein lemak, dan karbohidrat) terhadap kejadian stunting. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat analitik observasional, dengan desain penelitian case-control menggunakan data primer yang dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2022. Sampel penelitian ini sebanyak 44 balita stunting dan 44 balita tidak stunting yang berusia 0-59 bulan yang diambil dengan teknik random sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data diperoleh dengan pengisian kuesioner dan dilakukan analisis dengan uji Mann-whitney. Hasil: Sumbangan asupan energi (p=0,016), protein (p=0,015), dan lemak (p=0,013) dari lahan pekarangan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kecukupan gizi balita stunting dan tidak stunting. Sumbangan asupan karbohidrat dari pekarangan tidak memiliki perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kecukupan gizi balita stunting dan tidak stunting (p=0,14). Kesimpulan: Terdapat perbedaan signifikan sumbangan energi, protein, dan lemak dari pekarangan rumah terhadap kejadian stunting, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan sumbangan karbohidrat dari pekarangan rumah terhadap kejadian stunting.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2208564798 . Digilib
Date Deposited: 08 Dec 2022 07:27
Terakhir diubah: 08 Dec 2022 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67424

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir