ANALISIS KRIMINOLOGIS PERJUDIAN DENGAN MODUS BALAP LIAR DI KAWASAN PUSAT KEBUDAYAAN DAN OLAHRAGA WAY HALIM (Studi Kasus pada Wilayah Hukum Kepolisian Sektor Sukarame)

PUTU ADITYA SUDJANA, 1652011070 (2021) ANALISIS KRIMINOLOGIS PERJUDIAN DENGAN MODUS BALAP LIAR DI KAWASAN PUSAT KEBUDAYAAN DAN OLAHRAGA WAY HALIM (Studi Kasus pada Wilayah Hukum Kepolisian Sektor Sukarame). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Rocket Digital.pdf

Download (2919Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2934Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf

Download (2937Kb) | Preview

Abstrak

Perjudian sudah menjadi penyakit yang tidak asing lagi bagi masyarakat baik dari kalangan remaja sampai anak di bawah umur bisa melakukan perjudian. Salah satu pengembangan dari tindak pidana perjudian adalah dengan ditemukannya tindak pidana perjudian dengan modus baru, yaitu tindak pidana perjudian dengan modus balap liar. Adanya modus perjudian dengan modus baru inilah yang menjadi alasan penulis untuk membahas tentang faktor penyebab terjadinya perjudian dengan modus balap liar serta bagaimanakah upaya kepolisian dalam penanggulangan perjudian dengan modus balap liar. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dan didukung dengan pendekatan yuridis empiris. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Faktor penyebab terjadinya perjudian dengan modus balapan liar di kawasan PKOR Way Halim, terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal yang mana faktor internal adalah faktor yang mempengaruhi pelaku melakukan perjudian dengan modus balapan liar yang terdapat dari dalam diri pelaku sendiri yaitu faktor penyaluran bakat, faktor krisis identitas, faktor lemahnya kontrol diri dan kurangnya iman, sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar diri pelaku yaitu faktor rendahnya pendidikan dan ekonomi, faktor keuangan, faktor keluarga, dan faktor lingkungan sosial.. Sedangkan Upaya penanggulangan perjudian dengan modus balapan liar d kawasan PKOR Way Halim dilakukan dengan upaya penal dan non penal. Upaya penal dilakukan melalui beberapa tahapan antara lain, penerimaan laporan, penyelidikan, penyidikan, penangkapan, penyitaan dan pemeriksaan. Adapun saran yang dapat diberikan adalah Diharapkan masyarakat meningkatkan mentalitas, moralitas, serta keimanan dan ketaqwaan yang bertujuan untuk pengendalian diri yang kuat sehingga tidak mudah tergoda untuk melakukan sesuatu yang tidak baik, dan juga untuk mencegah agar dapat menghindari pikiran dan niat yang kurang baik di dalam hati serta pikirannya. Serta pihak kepolisian dalam usahanya mencegah terjadinya perjudian dengan modus balapan liar di kawasan PKOR Way Halim diharapkan dapat lebih intensif guna menekan atau mengurangi angka tindakan balapan liar. Selain itu pihak kepolisian juga diharapkan menjalin kerjasama dengan instansi keagamaan dalam hal sosialisasi supaya terciptanya manusia yang berketuhanan dalam segala aspek kehidupan Kata Kunci : Kriminologis, Perjudian, Balap Liar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 345 Hukum pidana
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: Firlia Hidayah
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:58
Terakhir diubah: 12 Dec 2022 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67479

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir