PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Terpadu Melinting Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023)

NUR NAIM, EVA (2022) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Terpadu Melinting Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1999Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1967Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Terpadu Melinting Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran pendekatan realistic mathematics education lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pendekatan realistic mathematics education berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: pengaruh, kemampuan pemecahan masalah matematis, pedekatan realistic mathematics education.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2208837796 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:58
Terakhir diubah: 13 Dec 2022 03:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67562

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir