PERANCANGAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL DENGAN PENERAPAN KONSEP SEKOLAH RAMAH ANAK

FITRIANA, DIAN (2022) PERANCANGAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL DENGAN PENERAPAN KONSEP SEKOLAH RAMAH ANAK. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI_DIAN FITRIANA_1715012012_ABSTRAK.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_DIAN FITRIANA_1715012012_LENGKAP.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI_DIAN FITRIANA_1715012012_TANPA PEMBAHSAN.pdf

Download (3268Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan budi pekerti sehingga dapat menghantarkan kecita-cita paling tinggi. Kualitas pendidikan Indonesia saat ini sangat rendah, hal ini berdasarkan Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 Indonesia menempati peringkat ke 74 dari 79 negara dunia dan peringkat ke 5 dari 9 negara di ASEAN menurut Global Talent Competitiveness Index (GTCI). Pendidikan dinilai bermutu apabila diukur dari perannya dalam ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan berhasil membentuk generasi muda yang berkarakter. Menurut Kemendikbud untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berkarakter sesuai amanah UUD, yaitu dengan mengembangkan Boarding School. Pengembangan boarding school berbasis islam berbanding lurus dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap sekolah islam. Berdasarkan survei yang dilakukan penulis, sekolah ramah anak yang ada di Lampung terlebih di Bandar Lampung saat ini belum seutuhnya menerapkan desain sekolah ramah anak pada bangunannya sehingga konsep yang diterapkan pada bangunan Islamic Boarding School adalah sekolah ramah anak. Penelitian yang dilakukakan penulis menggunakan metode pendekatan data kualitatif dari hasil studi literatur, studi kasus, dokumentasi, dan observasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil yang diperoleh yaitu mewujudkan perancangan bangunan Islamic Boarding School yang ramah anak dengan melalui prinsip nondiskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak; hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan; penghormatan terhadap pandangan anak; dan pengelolaan yang baik, sehingga akan terwujudnya sekolah yang mengedepankan hak-hak anak pada desain sekolahnya.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 690 Pembangunan gedung
700 Seni, seni rupa, kesenian
700 Seni, seni rupa, kesenian > 720 Arsitektur
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Arsitektur
Pengguna Deposit: 2208298914 . Digilib
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:18
Terakhir diubah: 16 Dec 2022 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67710

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir