PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AROMA KARSA KARYA DEE LESTARI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (KAJIAN SEMIOTIKA)

Prayoga Ramadhani, 1713041040 (2021) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AROMA KARSA KARYA DEE LESTARI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (KAJIAN SEMIOTIKA). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Prayoga Ramadhani.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Prayoga Ramadhani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3331Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Prayoga Ramadhani.pdf

Download (2150Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengangkat masalah pendidikan karakter dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari melalui kajian semiotika Charles Sanders Peirce dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan karakter dalam novel Aroma Karsa melalui kajian semiotika Charles Sanders Peirce dan implikasi penelitian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun novel Aroma Karsa sebagai sumber data. Data dianalisis melalui kata, frasa, kalimat, dan narasi.Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, membaca, dan mencatat. Data dianalisis dengan cara membaca keseluruhan isi novel, menandai, dan mengidentifikasi pendidikan karakter melalui kajian semiotika: ikon, indeks, dan simbol yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Aroma Karsa karya Dee Lestari bermuatan pendidikan karakter yakni religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, cinta damai dan tanggung jawab. Hal ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan pembelajaran di SMA yang mengacu pada Kompetensi Dasar 3.9 dan 4.9 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII semester II. Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dan Kompetensi Dasar 4.9 Merancang novel atau novelet memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan. Dengan demikian, pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Aroma Karsa bisa digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia SMA. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Aroma Karsa, Semiotika Peirce, Implikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:14
Terakhir diubah: 16 Dec 2022 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67730

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir