KARAKTERISASI BIODEGRADABLE FILM DARI SELULOSA AMPAS BONGGOL NANAS DENGAN PENAMBAHAN POLYLACTIC ACID (PLA) DAN PERBANDINGAN VARIASI GLISEROL

Novia Ismi Nurhidayah, 1617011004 (2022) KARAKTERISASI BIODEGRADABLE FILM DARI SELULOSA AMPAS BONGGOL NANAS DENGAN PENAMBAHAN POLYLACTIC ACID (PLA) DAN PERBANDINGAN VARIASI GLISEROL. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3363Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2745Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada penelitian ini, telah dilakukan pembuatan dan karakterisasi biodegradable film dari selulosa ampas bonggol nanas dengan penambahan PLA dan perbandingan variasi gliserol. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan, diawali dengan isolasi dan karakterisasi selulosa kemudian pembuatan bahan baku biodegradable film dengan variasi penambahan plasticizer gliserol 10%, 20% dan 30%. Hasil yang diperoleh diamati dengan menggunakan Spektrofotometri Fourier Transform Infrared (FTIR), Scanning Electron Microscopy (SEM). dan uji biodegradasi. Dari penelitian ini diperoleh selulosa bewarna putih kekuningan dan hasil spektra FTIR selulosa isolasi dan selulosa komersil tidak menunjukkan perbedaan. Hasil FTIR pada biodegradable film menunjukkan bahwa pada panjang gelombang 1747 cm-1 yang merupakan serapan dari gugus karbonil C=O dari PLA, sedangkan Penambahan gliserol pada biodegradable film mengakibatkan adanya serapan-OH pada panjang gelombang 3333 cm-1. Hasil SEM menunjukkan permukaan biodegradable film dengan penambahan gliserol 30 % menunjukkan permukaan yang rata dan lebih homogen. Dalam uji biodegradasi biodegradable film dengan gliserol 30% mengalami degradasi tercepat dan terdegradasi sempurna, hal ini menunjukkan bahwa gliserol berpengaruh terhadap degradasi biodegradable film. Kata Kunci : selulosa, Biodegradable film, PLA, gliserol, biodegradasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: 2208376215 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:27
Terakhir diubah: 21 Dec 2022 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67773

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir