EVALUASI PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI KOTA METRO (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kota Metro)

FITTI WARDANI, IKE (2022) EVALUASI PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI KOTA METRO (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kota Metro). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2701Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1746Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Program KIA di Kota Metro sudah diberlakukan sejak tahun 2016 lalu dan Kota Metro termasuk ke dalam salah satu dari 50 kabupaten/kota yang menjadi pelaksana program KIA. Kota Metro juga terpilih menjadi salah satu kota untuk menjadi contoh pelaksanaan KIA tahun 2016. Namun dalam penyelenggaraannya masih terdapat beberapa permasalahan, yaitu diantaranya : 1) Permasalahan pertama berkaitan dengan prosedur pelayanan, 2) Permasalahan kedua berkaitan dengan pemanfaatan KIA untuk anak yang masih perlu dilakukan peningkatan secara berkala, 3) Permasalahan ketiga berkaitan dengan pembuatan KIA secara kolektif yang dilakukan oleh sekolah di Kota Metro dengan Disdukcapil Kota Metro. Oleh karena itu diperlukan evaluasi guna mengetahui apa kekurangan atau kesalahan yang dilakukan oleh stakeholders dalam penerapan program tersebut serta untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ialah secara kuantitas penyelenggaraan program KIA di Kota Metro telah berjalan dengan baik terbukti dengan data capaian kepemilikan KIA tahun 2022, hanya 1.411 anak yang belum memiliki KIA dari jumlah seluruh anak di Kota Metro usia 0- 17 tahun kurang sehari sebesar 52.648 atau berarti ada 51.237 anak yang sudah memiliki KIA. Dengan data tersebut juga menunjukkan bahwa pelaksanaan program KIA di Kota Metro oleh Disdukcapil Kota Metro telah melewati target yang ditentukan oleh pusat yaitu sebesar 45.629. Namun terkait dengan pemanfaatan KIA di Kota Metro memang belum dapat digunakan secara maksimal, yaitu seperti KIA belum dijadikan salah satu syarat wajib dalam pendaftaran sekolah, KIA juga belum sepenuhnya dapat digunakan ditempat-tempat wisata yang ditunjuk sebagai salah satu lokasi pemanfaatan KIA atau manfaat-manfaat lainnya. Kata Kunci: Evaluasi, Program KIA, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2208916797 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:26
Terakhir diubah: 22 Dec 2022 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68016

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir