FITRIANI , FITRIANI (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERMUATAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3746Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3428Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja pada model pembelajaran inquiry bermuatan literasi digital yang praktis, valid dan reliabel. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori R & D Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah Sekolah yang berada di Sekolah Dasar kelas V Kecamatan Gedong Tataan. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN 6 Gedong Tataan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskripsi Angka untuk validasi ahli dan praktisi serta analisis kuantitatif dengan program rasch untuk validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan instrumen penilaian kinerja pada model pembelajaran inquiry bermuatan literasi digital yang dikembangkan layak dan praktis digunakan berdasarkan hasil validasi ahli serta responden pendidik dan peserta didik. Kata kunci: Instrumen penilaian kinerja, inquiry, literasi digital This study aims to develop a performance assessment Instrumen on a digital literacy-based inquiry learning model that is practical, valid and reliable. The type of research and development used refers to the R & D theory of Borg and Gall. The population of this research is schools located in the fifthgrade elementary school, Gedong Tataan district. The sample of this research is the fifthgrade students at SDN 6 Gedong Tataan. Data collection techniques in the form of interviews, questionnaires and documentation. Data analysis used qualitative analysis of percentage description for expert and practitioner validation and quantitative analysis with the Rasch program for validity and reliability. The results of this study indicate that the development of a performance assessment Instrumen in the digital literacy-based inquiry learning model that was developed is feasible and practical to use based on the results of expert validation as well as educator and student respondents. Keyword: Performance assessment, digital literacy, inquiry
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | 2301391720 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 07:40 |
Terakhir diubah: | 09 Jan 2023 07:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68144 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |