EVALUASI KEBIJAKAN KOTA LAYAK ANAK (KLA) DI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022 (Studi Sekolah Ramah Anak di Kota Bandar Lampung)

DARMAWAN, HADI (2022) EVALUASI KEBIJAKAN KOTA LAYAK ANAK (KLA) DI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022 (Studi Sekolah Ramah Anak di Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1895Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1657Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kota Bandar Lampung menjadi kota dengan kekerasan pada anak tertinggi di Provinsi Lampung. Pemerintah Kota Bandar Lampung telah menetapkan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No. 8 Tahun 2020 Pasal 30 yang menjelaskan Sekolah Ramah Anak (SRA) sebagai solusi dari kekerasan pada anak di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan SRA yang telah dilaksanaan pada pendidikan jenjang SD, SMP dan SMA yang telah mendeklarasikan SRA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Faktor apa saja yang menjadi penghambat dan faktor pendukung yang mempengaruhi program tersebut dengan menggunakan 6 (enam) Indikator Evaluasi Kebijakan William N. Dunn. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Lokasi penelitian di SD N 2 Tanjung Senang, SMP N 29 Bandar Lampung dan SMA N 9 Bandar Lampung. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa SRA belum maksimal dalam pelaksanaannya. Efektifitas SRA belum tercapai sebagaimana dalam memenuhi fasilitas bagi anak yang berkebutuhan khusus dalam indikator sekolah inklusi. Efisiensi sudah minimalisir anggaran yang digunakan secara lebih hemat. Kecukupan belum menerapkan sekolah inklusi karena sekolah yang diteliti saat wawancara mereka mengatakan masih tergolong sekolah reguler. Pemerataan yaitu tenaga pendidik tidak semuanya mengikuti pelatihan hak-hak anak. Responsivitas tepat sasaran dengan melindungi dan memenuhi hak-hak anak di sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini ialah SRA sudah berhasil mencapai tujuannya. Sehingga Pemerintah Kota Bandar Lampung memperoleh penghargaan Kota Layak Anak tingkat menengah. Sehingga semua kasus kekerasan yang terjadi pada anak sudah perlahan lahan muncul kepermukaan karena anak sudah berani mengadukanya. Kata kunci: Sekolah Ramah Anak, Kebijakan Layak Anak Bandar Lampung City is the city with the highest child violence in Lampung Province. The Bandar Lampung City Government has established Bandar Lampung City Regional Regulation No. 8 of 2020 Article 30 which describes Child-Friendly Schools (CFS) as a solution to violence against children in the school environment. The purpose of this study is to describe the results of the implementation of CFS that have been carried out at the elementary, middle and high school levels that have declared CFS. The method used in this study is descriptive with a qualitative approach. What are the obstacles and supporting factors that influence the program by using 6 (six) William N. Dunn Policy Evaluation Indicators. This research was conducted using data collection methods through interviews, documentation and observation. The research locations are at SD N 2 Tanjung Senang, SMP N 29 Bandar Lampung and SMA N 9 Bandar Lampung. The results of the study show that CFS has not been maximized in its implementation. The effectiveness of CFS has not been achieved as in meeting facilities for children with special needs in the inclusion school indicators. Efficiency has minimized the budget used more efficiently. Adequacy has not implemented inclusion schools because the schools studied in their interviews said they are still classified as regular schools. Equality, namely educators, not all of them attend child rights training. Responsiveness is targeted by protecting and fulfilling the rights of children in schools. The conclusion of this study is that CFS has successfully achieved its goals. So that the Bandar Lampung City Government received the middle-level Child Worthy City award. So that all cases of violence that occur to children have slowly surfaced because children have dared to grieve them. Keywords: Child-Friendly Schools, Child-Friendly Policies “Evaluation of Child Friendly City (CFC) Policies in Bandar Lampung City in 2022 (Study of Child Friendly Schools in Bandar Lampung City)”

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2301750198 . Digilib
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:25
Terakhir diubah: 10 Jan 2023 02:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68145

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir