ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRUI

Dela Aptanisa, 1653024009 (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRUI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Dela Aftanissa.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Dela Aftanissa.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1620Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Dela Aftanissa.pdf

Download (1650Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Krui tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 157 siswa. Keseluruhan populasi dipilih sebagai sampel sehingga penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dan menggunakan desain Ex Post Facto. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif berupa data hasil belajar kognitif dan data kualitatif berupa tanggapan siswa serta guru. Data diperoleh menggunakan instrumen soal dan angket yang dikumpulkan melalui Google Form. Data dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase ketuntasan hasil belajar yang mengacu pada KKM dengan syarat ketuntasan secara klasikal sebesar >60% dan menghitung jumlah jawaban responden dari setiap pernyataan pada angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 71,33% dan sebagian besar hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali, yaitu sebesar 43,94%, sehingga pembelajaran daring dapat dikatakan efektif. Kata Kunci: efektivitas, hasil belajar kognitif, pembelajaran daring.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:37
Terakhir diubah: 11 Jan 2023 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68234

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir