PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sucipto, YUSPA MAY LINDA (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (341Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (635Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (10Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Sabah Balau Lampung Selatan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menerapkan model cooperative learning tipe think pair share. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, kinerja guru, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe think pair share pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Sabah Balau Lampung Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (57,59), siklus II (66,24) dan siklus III (78,65). Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8,65, dan pada siklus II ke siklus III meningkat sebesar 12,41. Kemudian untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (65,88), siklus II menjadi (69,81) dan siklus III sebesar (81). Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 3,93 dan pada siklus II ke siklus III meningkat sebesar 11,19. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I (53,85%), siklus II (61,54%), dan siklus III (80,77%). Kata kunci: Model cooperative learning tipe think pair share, aktivitas belajar, hasil belajar, IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:12
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir