PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DENGAN APLIKASI TIKTOK UNTUK SISWA SMP KELAS VII TAHUN AJARAN 2022/2023

WASTITI, ARINI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DENGAN APLIKASI TIKTOK UNTUK SISWA SMP KELAS VII TAHUN AJARAN 2022/2023. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (289Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2461Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2123Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keterbatasan media pembelajaran yang digunakan guru menyebabkan kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran yang lebih menarik, karena selama ini guru selalu menggunakan papan tulis pada setiap proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitan ini ialah menghasilkan produk media pembelajaran, menguji kelayakan produk dan menguji efektivitas produk di kelas VII pada pembelajaran teks prosedur. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri atas 6 tahapan yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji kelayakan produk. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 92 Jakarta kelas VII-A dan VII-F. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran angket di 2 kelas yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran teks prosedur dengan aplikasi TikTok untuk peserta didik kelas VII SMP berhasil dikembangkan dan sudah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi; (2) media pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dengan aplikasi TikTok yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan persentase penilaian 95,31%, 95%, dan 97,50%; (3) berdasar pada perbandingan pretest, posttest, dan N-gain dari penggunaan media aplikasi TikTok untuk pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur yang dikembangkan mendapatkan nilai sebesar (0,49) dan (0,48) termasuk dalam kategori sedang sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : media pembelajaran, aplikasi TikTok, teks prosedur Arini Wastiti The lack of the media used by educators raises the needs of students for interesting learning media because so far educators have always used the blackboard in every learning process. Based on that case, the purposes of this research were to produce learning media products, testing the feasibility of products, and test the effectiveness of products in class VII in procedure text learning. This research used Research and Development Method that consisted of 6 stages that were (1) analyzing the potential and the problems, (2) collecting the data, (3) designing the product, (4) designing the validation, (5) designing the revision, and (6) testing the feasibility. This research was conducted at SMP Negeri 92 Jakarta class VII-A and VII- F. the data collection techniques were interview and quetionnaries that were distributed in the 2 classes which were te object of research. The results showed that (1) the procedure text learning with TikTok app for seventh grade junior high school students was successfully developed and validated by material experts, media experts, and practitioners; (2) the learning media for identification of procedure texts with TikTok app that was developed was declared very feasible by material experts, media experts, and practitioners with a percentage of 95,31%, 95%, and 97,50% ratings; (3) based on the comparison of pretest, posttest, and N-gain from the use of TikTok app media for learning to identification of procedure texts that was developed, the scores were (0,49)and (0.48) was categorized in the medium level so it was effective to be used in learning. Key words : learning media, TikTok app, procedure text

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2301128063 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:09
Terakhir diubah: 24 Jan 2023 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68438

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir