PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI TEKS PROSEDUR BERBASIS MOODLE PADA SISWA SMP/MTS KELAS VII TAHUN AJARAN 2021/2022

KIKI , NURJANA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI TEKS PROSEDUR BERBASIS MOODLE PADA SISWA SMP/MTS KELAS VII TAHUN AJARAN 2021/2022. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (12Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peserta didik membutuhkan bahan ajar pelengkap untuk menambah sumber belajar, meningkatkan keaktifan dan kemandirian dalam belajar, dan meningkatkan penguasaan terhadap materi pembelajaran teks prosedur. Berdasar pada hal itu, Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar, dan menguji keefektivan produk bahan ajar di kelas VII materi teks prosedur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian mengacu pada prosedur pengembangan Sugiyono yang dilakukan dari tahap 1 hingga tahap akhir. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Belitang Jaya, dan di MTs Istiqlal Sidomulyo. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran angket di dua sekolah kelas VII yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar e-modul materi teks prosedur berbasis moodle pada siswa SMP/MTS kelas VII berhasil dikembangkan dan sudah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi; (2) bahan ajar e-modul materi teks prosedur berbasis moodle pada siswa SMP/MTS kelas VII yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Hasil validasi ahli materi diperoleh rerata persentase 75% dengan kategori layak digunakan. Hasil validasi ahli media diperoleh rerata persentase 91,97% dengan kategori sangat layak digunakan. Hasil uji coba skala terbatas diperoleh rerata persentase 86,51% dengan kategori sangat menarik digunakan. Hasil uji coba guru/teman sejawat diperoleh rerata persentase 88,39% dengan kategori sangat layak digunakan. Hasil uji coba skala luas diperoleh rerata persentase 88,39% dengan kategori sangat menarik digunakan; (3) berdasar pada perbandingan pretest, posttest, dan N-gain dari penggunaan bahan ajar e-modul materi teks prosedur berbasis moodle yang dikembangkan mendapatkan nilai sebesar (0,57) dan (0,60) termasuk dalam kategori sedang sehingga cukup efektiv digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: e-modul, teks prosedur, dan moodle.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2301047257 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:59
Terakhir diubah: 26 Jan 2023 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68489

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir