PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KHUSUS MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 METRO TIMUR TAHUN 2009/2010

, KUSUMAWATI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KHUSUS MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 METRO TIMUR TAHUN 2009/2010. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover all.pdf - Published Version

Download (296Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (284Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (280Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (604Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1661Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi dengan guru kelas IVB SD Negeri 2 Metro Timur, kondisi pembelajaran IPS masih didominasi oleh metode ceramah. Indikasi lain bahwa kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa, sehingga siswa kurang mampu dalam menerima informasi, pesan dan isi pembelajaran. Guru kurang mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media peta khusus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun pengertian dari media peta khusus adalah peta yang dibuat dengan tujuan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVB yang berjumlah 28 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus tindakan, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pertiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata 59,025% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,61% serta pada siklus III meningkat menjadi 81,245%. Aktivitas guru pertiap siklusnya juga mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata 48,75% menjadi 55,62% pada Siklus II dan nilai rata-rata siklus III meningkat menjadi 61,25%. Hasil belajar siswa pertiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siklus II meningkat dari siklus I yaitu 5,57% menjadi 7,14% dan nilai rata-rata siklus III meningkat menjadi 7,60%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar , aktivitas siswa dan guru pada setiap siklusnya. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan khususnya guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial agar membiasakan menggunakan peta yang sesuai dengan materi pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:12
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir