STRATEGI KOMUNIKASI BKKBN PROVINSI LAMPUNG DALAM PROGRAM KAMPUNG KB SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi kasus pada Kelurahan Kota Karang Raya, Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung)

ZULTHA, AHMAD AFANDI (2022) STRATEGI KOMUNIKASI BKKBN PROVINSI LAMPUNG DALAM PROGRAM KAMPUNG KB SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi kasus pada Kelurahan Kota Karang Raya, Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3804Kb) | Preview

Abstrak

Indonesia saat ini sedang mengalami sebuah problematika yang kompleks yaitu persoalan kemiskinan. Kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan program dari pemerintah untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat agar dapat melakukan pemanfaatan terhadap potensi desa hingga kemudian dapat menjadi penunjang pertumbuhan ekonomi serta terealisasi keluarga kecil yang memiliki kualitas baik secara ekonomi maupun secara keharmonisan dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui/menganalisis strategi komunikasi BKKBN Provinsi Lampung tentang program Kampung KB sebagai upaya menanggulangi kemiskinan di Kelurahan Kota Karang. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi hasil penelitian. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan dari penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi komunikasi BKKBN Provinsi Lampung dalam penyuluhan program kampung KB mengunakan empat metode diantaranya metode informatif, metode edukasi, metode redundancy, dan metode persuasif dari metode yang dipakai bertujuan pesan yang disampaikan kepada masyarakat lebih efektif. Dari informasi tentang KB, edukasi dan mengajak masyarakat untuk menjadi perserta aktif KB untuk mengatasi kemiskinan di Kota Karang Raya. Serta pengulangan pesan yang akan menanamkan gagasan atau ide yang akan melekan kepada masyarakat. Selain itu BKKBN Provinsi Lampung dalam penyampaian pesan menggunakan berbagai macam media dari media langsung, media cetak, media elektronik, dan media sosial dari media-media tersebut memliki kelebihannya tersendiri dalam menyampaikan pesan. Kata Kunci: strategi komunikasi, program kampung KB, kemiskinan Indonesia is currently experiencing a complex problem, namely the problem of poverty. The Family Planning Village (KB) is a program from the government to improve the quality of people's lives so that they can utilize the potential of the village so that it can later become a supporter of economic growth and the realization of small families that have quality both economically and in harmony within the family. The purpose of this study was to find out/analyze the communication strategy of the Lampung Province BKKBN regarding the Kampung KB program as an effort to tackle poverty in Karang City Village. The method in this study uses descriptive research through a qualitative approach. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews and documentation of research results. After the data is collected, it is then analyzed to get conclusions from the research. The results showed that the strategy carried out by the Lampung Province BKKBN in the extension of the KB village program used four methods including the informative method, the educational method, the redundancy method, and the persuasive method of the method used aimed at conveying messages to the community more effectively. From information about family planning, education and inviting the community to become active participants in family planning to overcome poverty in the Karang Raya City. As well as the repetition of messages that will instill ideas or ideas that will reach the community. In addition, the BKKBN for Lampung Province in conveying messages uses various types of media, from direct media, print media, electronic media, and social media. These media have their own advantages in conveying messages. Keywords: communication strategy, village family program, poverty

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301336633 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:45
Terakhir diubah: 26 Jan 2023 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68509

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir