ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD) (STUDI PADA BAPPEDA KABUPATENPRINGSEWU)

EGA, PUTRINA (2023) ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD) (STUDI PADA BAPPEDA KABUPATENPRINGSEWU). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2641Kb) | Preview

Abstrak

Penerapan SIPD di Kabupaten Pringsewu dimulai pada tahun 2020 dan ditemukan sejumlah hambatan seperti terkait kurang lengkapya data-data pembangunan yang berguna untuk perencanaan, serta rendahnya keterisian data pembangunan didalam SIPD. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari implementasi SIPD dalam perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Pringsewu serta mengidentifikasi faktorfaktor penghambat dari penerapan sistem ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dikaji dengan melihat proses dan hasil dari implementasi kebijakan kemudian menganalisis dengan menggunakan indikator keberhasilan implementasi oleh George Edward III yang terdiri dari 4 indikator yaitu komunikasi,sumberdaya,disposisi dan struktur birokrasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penerapan penggunaan SIPD dalam kegiatan perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Pringsewu telah dianggap cukup berhasil dengan adanya proses implementasi yang dilalui mulai dari tahapan sosialisasi pengenalan sistem, pembentukan tim SIPD,penyiapan anggaran, penyiapan sumberdaya fasilitas, pemberian bimbingan teknis,sampai pada proses input data dan rencana kerja anggaran perangkat daerah kedalam SIPD. Hasil dan dampak dari penerapan sistem ini dalam kegiatan perencanaan menunjukan peningkatan capaian pembangunan daerah yang menjadi lebih baik yang ditandai dengan peningkatan indeks capaian pembangunnan manusia di Kabupaten Pringsewu sejak tahun 2019-2021. (2)Faktor penghambat dari penerapan sistem ini yaitu server sistem yang sering mengalami error atau down, Sarana dan prasarana (laptop/komputer) yang belum cukup memadai baik di kantor Bappeda maupun perangkat daerah, Terdapat item menu harga satuan dan item menu belanja barang atau jasa yang terkadang tidak muncul dalam sistem. Kata Kunci : Implementasi, Perencanaan Pembangunan Daerah, SIPD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2301652989 . Digilib
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:25
Terakhir diubah: 27 Jan 2023 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68537

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir