PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR

DESTI , MERIKA (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produk pengembangan instrumen penilaian kinerja dan menganalisis perbedaan efektivitas produk pengembangan instrumen penilaian kinerja dengan yang tidak menggunakan produk pengembangan instrumen penilaian kinerja pada pembelajaran tematik terpadu berbasis kearifan lokal kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori Research and Development (R&D) Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas II sebanyak 112 siswa di Gugus Raden Imba Kusuma Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Sampel dalam penelitian ini adalah SD Negeri 1 Tempuran sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 1 Simbarwaringin sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan penelaahan data dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan untuk data validitas ahli, kepraktisan produk, validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata validasi ahli 92,32% dengan kriteria sangat layak, uji kepraktisan produk oleh 5 (lima) guru memiliki nilai rata-rata 85,55% dengan kriteria sangat praktis, setiap skor lembar observasi penilaian kinerja valid dengan rHitung > rTabel (signifikansi 0,05), nilai reliabilitas Cronbach's Alpha sebesar 0,981 dengan kategori tinggi, normalitas data berdistribusi normal, varian data homogen nilai signifikansi sebesar 0,102, dan uji hipotesis menunjukkan nilai tHitung yaitu sebesar 16,448 dan tTabel (df-48, α=5%) sebesar 1,677. Hal ini berarti tHitung ≥ tTabel, α=5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk pengembangan instrumen penilaian kinerja pada pembelajaran tematik terpadu berbasis kearifan lokal kelas II Sekolah Dasar efektif. Kata Kunci : Instrumen Penilaian Kinerja, Pembelajaran Tematik Terpadu, Kearifan Lokal This study aims to analyze performance assessment instrument development products and analyze the differences in the effectiveness of performance assessment instrument development products with those that do not use performance assessment instrument development products in integrated thematic learning based on local wisdom class II Elementary School. The type of research and development used refers to Borg and Gall's Research and Development (R&D) theory. The population in this study was 112 class II elementary school students in the Gugus Raden Imba Kusuma, Trimurjo District, Central Lampung Regency. The samples in this study were SD Negeri 1 Tempuran as an experimental class and SD Negeri 1 Simbarwaringin as a control class. Data collection techniques in this study are observation, interviews, documentation, and questionnaires. Data analysis techniques use qualitative descriptive analysis with data review and quantitative descriptive analysis using expert validity data analysis, product practicality, validity and reliability of research instruments, normality tests, homogeneity tests, and hypothesis tests. The results showed an average value of expert validation of 92.32% with very feasible criteria, product practicality test by 5 (five) teachers has an average score of 85.55% with very practical criteria, each performance assessment observation sheet score is valid with rCalculate > rTable (significance 0.05), Cronbach's Alpha reliability value of 0.981 with a high category, normality of normally distributed data, homogeneous data variance significance value of 0.102, and the hypothesis test showed a tCalculate value of 16.448 and a tTable (df-48, α=5%) of 1.677. This means tCalculate ≥ tTable, α=5%. The results of this study show that the product of developing performance assessment instruments in integrated thematic learning based on local wisdom in class II elementary schools is effective. Key Word : Performance Assessment Instruments, Integrated Thematic Learning, Local Wisdom

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301505639 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:09
Terakhir diubah: 31 Jan 2023 01:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68567

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir