PENGEMBANGAN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MASALAH UNTUK MENGASES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Ayu Pratiwi Kusuma Wardhani, 2023053009 (2023) PENGEMBANGAN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MASALAH UNTUK MENGASES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3334Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3723Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3724Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan pada asesmen pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asesmen pembelajaran tematik berbasis masalah yang layak dan efektif untuk mengases kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Gugus Raden Intan Kecamatan Ketapang Lampung Selatan. Alat pengumpulan data menggunakan asesmen yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji t tidak berpasangan dengan hasil perhitungan 0,000 atau kurang dari 0,05 yang berarti terbukti ada perbedaan antara hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan hasil uji t tidak berpasangan dengan nilai taraf signifikansi kurang dari 0,05 dikelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa asesmen tematik berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Kata kunci: Asesmen, Berbasis Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif. abstract The problem of this research stems from the results of analisis needs in asessment student learning. This study aims to produce a feasible and effective problembased thematic learning assessment to assess the critical and creative thinking skills of grade V elementary school students. This research is a type of Research and Development (R&D) research, development is carried out referring to the theory of Borg & Gall. The population of this study was grade V students of SD Raden Intan Cluster, Ketapang District, South Lampung. Data collection tools use valid and reliable assessments. The data analysis technique uses a Paired ttest with a calculation result of 0.000 or less than 0.05 which means that it is proven that there is a difference between the pretest and posttest results in the experimental class and the results of the unpaired t test with a significance level value of less than 0.05 in the experimental and control group. Based on this research, it can be concluded that problem-based thematic assessments are effective in improving students' critical and creative thinking skills. Keywords: Assessment, Problem Based. Critical and Creative Thinking,

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301310426 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:35
Terakhir diubah: 03 Feb 2023 01:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68681

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir