FAKTOR RISIKO DOMINAN TERHADAP KEJADIAN NEUROPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI KECAMATAN METRO UTARA PROVINSI LAMPUNG

MUHAMMAD LABIB , MY BIMA (2022) FAKTOR RISIKO DOMINAN TERHADAP KEJADIAN NEUROPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI KECAMATAN METRO UTARA PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1773Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL LABIB.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2392Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN LABIB.pdf

Download (2488Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Neuropati diabetik adalah komplikasi diabetes melitus yang paling sering ditemukan. Faktor risiko yang berpotensi menimbulkan neuropati diabetik adalah asupan karbohidrat, aktivitas fisik, durasi penyakit, dan kepatuhan minum obat. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor risiko dominan dari beberapa faktor risiko neuropati diabetik pada pasien diabetes melitus di Kecamatan Metro Utara Provinsi Lampung. Metode: Jenis penelitian adalah penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian berjumlah 82 orang yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data penelitian diambil dari wawancara, pengisian kuesioner, dan pemeriksaan fisik yang diawasi oleh dokter puskesmas setempat. Data diolah menggunakan program komputer dan dianalisis menggunakan analisis univariat, bivariat, dan multivariat. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara neuropati diabetik dengan durasi penyakit (p value = 0,003) dan kepatuhan minum obat (p value = 0,001) sedangkan faktor lainnya yaitu asupan karbohidrat (p value = 0,668) dan aktivitas fisik (p value = 0,875) tidak memiliki hubungan yang bermakna. Hasil analisis multivariat didapatkan durasi penyakit (odds ratio = 6,751) dan kepatuhan minum obat (odds ratio = 5,757). Kesimpulan: Variabel durasi penyakit merupakan faktor dominan neuropati diabetik. Variabel kepatuhan minum obat menjadi faktor yang paling berpengaruh selanjutnya. Kata kunci: Diabetes melitus, faktor risiko, neuropati diabetik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: Bima Muhammad Labib MY
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:42
Terakhir diubah: 07 Feb 2023 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68903

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir