PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LEARNING OF INQUIRY SEQUENCES BERBANTUAN CANVA UNTUK MENSTIMULUS HANDS-ON, MINDS-ON ACTIVITY, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Bizry , Cahya Divia (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LEARNING OF INQUIRY SEQUENCES BERBANTUAN CANVA UNTUK MENSTIMULUS HANDS-ON, MINDS-ON ACTIVITY, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2747Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1894Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis LOIS berbantuan Canva yang valid, praktis, dan efektif untuk menstimulus hands-on, minds-on activity, dan KPS peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan, angket uji validitas, angket uji keterlaksanaan, instrumen soal yang sudah diuji kevalidannya, lembar observasi ketercapaian hands-on, minds-on activity, dan KPS, serta respon peserta didik terhadap keefektifan e-LKPD berbasis LOIS berbantuan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD hasil pengembangan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatihkan hands-on, minds-on activity, dan KPS peserta didik. Pada uji kevalidan yang telah dilakukan, e-LKPD hasil pengembangan dinyatakan layak dengan kriteria sangat valid, dengan rata-rata rata-rata validasi desain diperoleh hasil sebesar 3,58, validasi materi sebesar 3,84, dan valdasi konstruk sebesar 3,00. Analisis angket keterbacaan diperoleh hasil persentase sebesar 92%, respon persepsi guru terhadap e-LKPD sebesar 91%, dan respon positif peserta didik terhadap e-LKPD sebesar 88%, hal ini mengindikasikan bahwa e-LKPD yang dikembangkan praktis. Keefektifan ditunjukkan oleh terlatihkannya hands-on, minds-on activity, dan KPS peserta didik saat menggunakan e-LKPD. Hasil analisis kemampuan yang dilatihkan diperoleh skor rata-rata presentase sebesar 87% dengan kategori sangat terlatihkan. Kata Kunci: e-LKPD, LOIS, Canva, Hands-on, Minds-on Activity, dan KPS.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Magister Ilmu Fisika
Pengguna Deposit: 2301535491 . Digilib
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:29
Terakhir diubah: 09 Feb 2023 02:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69019

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir