PENGEMBANGAN PERANGKAT ASSESSMENT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS QUIZZIZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM KOORDINAT KARTESIUS

SEPTI , WULANDARI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT ASSESSMENT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS QUIZZIZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM KOORDINAT KARTESIUS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK (ABSTRAC).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (184Kb) | Minta salinan
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1500Kb) | Minta salinan
[img] File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1435Kb) | Minta salinan

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Assessment berbasis Quizziz dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan pemahaman konsep Sistem Koordinat Karteius. Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan, penyusunan Perangkat Assessment berbasis Quizziz, validasi Perangkat Assessment berbasis Quizziz, uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 6 Kota Metro tahun pelajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep Sistem Koordinat Karteius. Hasil studi pendahuluan menunjukan kebutuhan dikembangkannya Perangkat Assessment berbasis Quizziz. Penyusunan Perangkat Assessment berbasis Quizziz dilakukan dengan menyusun draft Perangkat Assessment berbasis Quizziz dan semua komponennya. Hasil validasi menunjukan bahwa Perangkat Assessment berbasis Quizziz telah memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa dalam kategori sangat layak. Hasil uji lapangan menunjukan bahwa ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas ekseperimen dan kelas kontrol, Kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan Perangkat Assessment berbasis Quizziz lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep Sistem Koordinat Kartesius yang melakukan pembelajaran tanpa menggujnakan aplikasi Quizziz. Berdasarkan hasil uji lapangan dapat disimpulkan bahwa Perangkat Assessment berbasis Quizziz efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Sistem Koordinat Karteius. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Perangkat Assessment, Quizziz. This research and development aims to develop a Quizziz-based Assessment Tool and test its effectiveness on the ability to understand the concept of the Karteius Coordinate System. This research began with preliminary studies, preparation of Quizziz-based Assessment Tools, validation of Quizziz-based Assessment Tools, limited field trials and field trials. The subjects of this study were class VIII students of SMPN 6 Kota Metro in the 2022/2023 academic year. The research data was obtained through a test of the ability to understand the concept of the Karteius Coordinate System. The results of the preliminary study show the need to develop a Quizziz-based Assessment Tool. The preparation of the Quizziz-based Assessment Toolkit is done by compiling a draft of the Quizziz-based Assessment Toolkit and all of its components. The results of the validation show that the Quizziz-based Assessment Tool meets the eligibility standards for content, media and language in the very proper category. The results of the field test showed that there were differences in the conceptual understanding abilities of students in the experimental class and the control class. The conceptual understanding abilities of students who used the Quizziz-based Assessment Tool were higher than the ability to understand the concepts of the Cartesian Coordinate System who did the learning without using the Quizziz application. Based on the results of the field test, it can be concluded that the Quizziz-based Assessment Tool is effective in increasing the ability to understand the concept of the Karteius Coordinate System. Keyword : Concept Understanding, Assessment Tool, Quizziz.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301301385 . Digilib
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:31
Terakhir diubah: 09 Feb 2023 08:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69043

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir