PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PERJUDIAN YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA MELALUI MEDIA GAME (Studi Putusan Nomor : 7/Pid.B/2022/PN. Tjk)

Jeffry , Verian Kasmara (2023) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PERJUDIAN YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA MELALUI MEDIA GAME (Studi Putusan Nomor : 7/Pid.B/2022/PN. Tjk). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Terlihat pada putusan Nomor : 7/Pid.B/2022/PN. Tjk, bahwa terdapat para terdakwa melakukan tindak pidana perjudian melalui media game. Permasalahan dalam penulisan ini adalah sebagai berikut : Bagaimanakah pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana perjudian yang dilakukan secara bersama-sama melalui media game dan Apakah putusan PN Tanjung Karang Nomor. 7/Pid.B/2022/PN. Tjk terhadap pelaku tindak pidana perjudian telah memenuhi keadilan substantif. Penelitian ini menggunakan pendekatan masalah yuridis normatif dan yuridis empiris. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian data tersebut dipelajari dan dianalisis yang kemudian disebut sebagai bahan hukum. Data yang telah diperoleh tersebut selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Dengan penentuan narasumber yaitu Hakim Pengadilan Negeri Tanjung Karang dan Dosen Bagian Pidana Fakultas Hukum Universitas Lampung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam putusan perkara Nomor : 7/Pid.B/2022/PN. Tjk yaitu bahwa Pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana perjudian yang dilakukan secara bersama-sama melalui media game telah memenuhi pertanggungjawaban pidana sesuai dengan ketentuan actus reus dan mens rea dan telah memenuhi rasa keadilan, dikarenakan Majelis Hakim sudah mempertimbangan dan mengukur secara seksama dalam menimbang putusan ini. Menurut beberapa pakar, hakim merupakan perwakilan tangan tuhan, maka tiap-tiap putusan yang dijatuhkan hakim kepada para terdakwa merupakan hasil musyawarah yang ditentukan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya Adapun saran dalam penulisan ini jika dilihat dari segi masyarakat, hendaknya masyarakat lebih bijak dalam menggunakan media game dengan tidak menyalahgunakan game sebagai media untuk melakukan tindak pidana perjudian dan dapat melaporkan apabila terdapat tindak pidana perjudian kepada aparat penegak hukum, serta dilihat dari segi pihak Kepolisian, Jaksa, Hakim serta Advokat sebagai bahan masukan dalam penegakan hukum tindak pidana perjudian, agar memaksimalkan potensi perundang-undangan dan fasilitas yang ada untuk dapat menegakkan hukum, terutama terhadap tindak pidana perjudian. Kata Kunci : Pertanggungjawaban pidana, Perjudian, Media Game.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 345 Hukum pidana
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2301628303 . Digilib
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:08
Terakhir diubah: 14 Feb 2023 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69209

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir