ANALISIS SENTIMEN OPINI MASYARAKAT PENGGUNA TWITTER TERHADAP PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN PROVINSI LAMPUNG MENGGUNAKAN NAÏVE BAYESDANSUPPORT VECTOR MACHINE(SVM)

Arafia, Isnayu Akaf (2022) ANALISIS SENTIMEN OPINI MASYARAKAT PENGGUNA TWITTER TERHADAP PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN PROVINSI LAMPUNG MENGGUNAKAN NAÏVE BAYESDANSUPPORT VECTOR MACHINE(SVM). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (299Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2928Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf.pdf

Download (2233Kb) | Preview

Abstrak

Saat ini internet telah meningkatkan jumlah informasi yang disimpan dan diakses melaluiwebdalam kecepatan yang sangat cepat. Internet dapat sebagai tempat mengemukakan pendapat terhadap topik kesehatan, politik, perusahaan dan lain-lain. Banyak media sosial yang digunakan masyarakat Lampung dalam mengemukakan pendapat dan mencari informasi. Twitter adalah salah satu media komunikasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Ada berbagai macam topik yang dibahas oleh pengguna Twitter, salah satu topik yang sedang hangat diperbincangkan yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Lampung. Kesehatan juga merupakan hal yang sangat penting dan masih menjadi perbincangan yang cukup sering dibahas dimanapun dan kapanpun. BPJS Kesehatan sangat membantu masyarakat dalam mengatasi perekonomian yang semakin menurun, dengan adanya BPJS Kesehatan masyarakat tidak perlu membayar biaya pengobatan. Oleh karena itu pelayanan dari BPJS Kesehatan Lampung akan dilakukan analisis sentimen agar dapat diketahui apakah opini masyarakat mengenai BPJS Kesehatan Lampung ini bernilai positif atau negatif.Penelitian ini menggunakan dua algoritma yang bertujuan untuk membandingkan kinerja dan akurasi mana yang lebih baik. Algoritma yang digunakan yaituSupport VectorMachine(SVM) danNaïveBayes. Pada sentimen ini menggunakan dataset dari Twitter yang menggunakan beberapakeywordsmengenai BPJS Kesehatan Lampung. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa algoritmaSupportVector Machine(SVM) memiliki kinerja terbaik dengan akurasi 91,32% dibanding algoritmaNaïveBayesdengan akurasi 85,99%. Kata kunci: Analisis Sentimen;SupportVectorMachine(SVM);NaïveBayes;BPJS Kesehatan Lampung;

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: 2301166574 . Digilib
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:42
Terakhir diubah: 14 Feb 2023 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69224

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir